Menu

Keberhasilan Nicke Widyawati dalam Berkarier sampai Meraih Dua Penghargaan Kelas Dunia di Tahun yang Sama!

11 Januari 2021 16:15 WIB

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati. (Pertamina/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Di balik perusahaan maju, ada kinerja wanita hebat di belakangnya! Begitu juga dengan perusahaan besar milik negara, Pertamina yang maju dipimpin oleh Nicke Widyawati sebagai Direktur Utamanya sejak tahun 2018 hingga kini. Sebelum secara resmi menjabat sebagai Direktur Pertamina, ia ditunjuk sebagai Pelaksana tugas (Plt) menggantikan posisi Elia Massa Manik yang diberhentikan dengan hormat sejak bulan April 2018.

Lahir di Tasikmalaya pada 25 Desember 1967, ia memulai kariernya pada usia yang masih tergolong muda, yaitu 21 tahun saat masih menjalani studinya sebagai mahasiswa. Wanita lulusan SMA Negeri 1 Tasikmalaya tersebut berkuliah di salah satu universitas besar Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) mengambil jurusan Teknik Industri.

Mengeyam studi strata satunya di ITB, ia lulus pada tahun 1991 dan lanjut mengambil jenjang strata dua di jurusan Hukum Bisnis Universitas Padjajaran.

Sebelum menjadi Direktur Utama Pertamina, karier Nicke juga sudah cemerlang. Ia sempat bekerja di PT. Rekayasa Industri dan terlibat dalam beberapa proyek besar sampai ke luar negeri. Lalu bergabung dengan Mega Eltra hingga menjabat sebagai Direktur Utama dan akhirnya ditarik ke perusahaan yang lebih besar, yaitu PLN.

Setelahnya, di tahun 2017 ia mulai berkarier di Pertamina sebagai Direktur Sumber Daya Manusia dan pelaksana tugas Direktur Logistik, Rantai Pasokan dan Infrastruktur sampai menjadi Direktur Utama hingga saat ini.

Penghargaan 

Atas kariernya yang cemerlang, tentu saja wanita berusia 53 tahun tersebut mempunyai banyak prestasi sampai pengakuan skala internasional. Pada 2013 ia mendapatkan penghargaan Women's Work of Female Grace dari Indonesia Asia Institue. 

Pada tahun 2020, ia mendapatkan dua pengakuan kelas internasional sekaligus atas keberhasilannya dalam berkarier. Ia masuk ke dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia (The World's Most Powerful Women) versi Forbes dan berada di peringkat 25. Selain itu, ia sebelumnya sudah masuk ke dalam daftar Most Powerful Women International 2020 versi majalah Fortune dan berada di peringkat 16. Keren!

Artikel Pilihan