Menu

6 Rekomendasi Jenis Ciput yang Biasa Dipakai Hijabers, Ada yang Bisa Bikin Tirus Lho!

27 Maret 2023 11:40 WIB

Ilustrasi wanita berhijab (Freepik/Pch.vector)

HerStory, Jakarta —

Untuk kamu para hijabers, tentu sudah enggak asing dengan inner hijab atau ciput. Inner hijab, daleman hijab atau sering disebut sebagai ciput menjadi salah satu item fashion yang wajib digunakan oleh para wanita muslimah yang menggunakan hijab sehari-harinya.

Selain melengkapi item fashion yang digunakan sehari-hari, ciput juga wajib digunakan dengan alasan membantu para wanita muslimah agar bisa menutup auratnya dengan baik dan tetap terlihat rapih. Meski begitu, penampilan kamu akan tetap nyaman dan tentunya juga fashionable.

Supaya merasa nyaman ketika menggunakan ciput, maka kamu harus memilih jenis ciput tersebut sesuai dengan tujuan penggunaan hijab kamu. Semisal, beberapa jenis ciput dibuat dengan bahan khusus agar bisa mudah menyerap keringat.

Ciput jenis tersebut tentu bisa kamu gunakan ketika olahraga ataupun melakukan aktivitas di bawah sinar matahari selama seharian. Sebelum memutuskan untuk membeli ciput, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu fungsi utama pada setiap jenis-jenis ciput yang dijual di pasaran. Apa saja jenis-jenis ciput tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Ciput Bandana

Pertama, ada ciput bandana atau juga disebut sebagai ciput arab. Ciput bandana ini adalah ciput yang terbilang simple dan mudah untuk digunakan. Ciput bandana ini terbuat dari berbagai macam material, seperti material jersey, stretch, spandex dan sebagainya. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera dan kenyamanan ketika digunakan.

Cara menggunakan ciput bandana juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakannya di kepala untuk membatasi antara rambut dan dahi. Sehingga, rambut enggak keluar dan mengganggu ketika kamu sedang menggunakan hijab.

2. Ciput Rajut

Ciput rajut memiliki model yang sama seperti ciput bandana, namun bedanya adalah di bahan materialnya. Ciput rajut ini terbuat dari material stretch seperti bahan rajut, yang akan lebih fleksibel ketika digunakan. Ciput rajut ini tergolong sebagai ciput yang paling nyaman digunakan karena bahannya yang enggak ketat sehingga enggak membuat kepala pusing dan telinga yang sakit akibat tertekan ciput yang kaku.

Selain itu, ciput rajut juga enggak membuat kepala kamu terasa gerah. Apabila kamu baru pertama kali menggunakan ciput, ciput rajut akan sangat cocok untuk kamu agar mudah beradaptasi menggunakan ciput.

3. Ciput Pet

Ciput Pet seringkali dikenal sebagai ciput topi karena memang merupakan inner hijab yang modelnya seperti topi. Ciput pet ini memiliki model dengan bergo di depan seperti topi. Topinya juga ada beberapa macam, ada yang lebih mancung ke depan, ada juga yang lebih lebar ke samping.

Ciput pet biasanya digunakan untuk kamu yang menggunakan hijab segi empat, agar bagian atas kepala hijab bisa rapi dan tegak sempurna. Biasanya penampilan tersebut digunakan untuk acara-acara formal, yang mengharuskan penggunaan hijab segi empat terlihat rapih sempurna.

4. Ciput Ninja

Untuk penampilan yang lebih rapih dan menutup aurat, kamu bisa mencoba ciput ninja. Selain menahan rambut dan menutupi bagian kepala, ciput ninja juga membantu kamu menutupi bagian leher. Sehingga, kamu akan lebih aman dan nyaman ketika menggunakan hijab karena enggak akan ada celah yang bisa terlihat di bagian leher dan dada.

Tak hanya itu, ciput ninja juga membantu kamu agar terasa aman ketika menggunakan hijab yang sedikit agak menerawang sehingga bagian dalam tetap enggak terlihat sama sekali. Biasanya, ciput ninja terbuat dari berbagai macam material, seperti jersey, polyester, spandex, dan lain-lain.

5. Ciput Renda

Tergolong sama seperti ciput bandana, kali ini ada ciput renda yang memiliki model lebih cantik dan feminim. Sesuai dengan namanya, ciput ini menggunakan material renda dan bermotif. Meski begitu, ciput renda ini tetap aman untuk digunakan sebagai inner hijab yang fungsi utamanya menutupi dan menahan rambut yang keluar.

Salah satu kekurangan menggunakan ciput renda adalah mudah merasa gatal karena bahan rendanya. Sebaiknya, kamu enggak menggunakan ciput renda ketika sedang beraktivitas yang memungkinkan kamu akan mudah sekali berkeringat. 

6. Ciput Antem

Ciput antem atau singkatan dari anti-tembem merupakan ciput yang dirancang mirip dengan ciput ninja. Ciput ini hadir untuk para hijabers yang sering khawatir pipinya terlihat lebih tembem jika menggunakan ciput. Ciput anti tembem ini dirancang khusus untuk kamu para hijabers yang ingin terlihat lebih tirus ketika menggunakan hijab.

Itu dia beberapa rekomendasi mengenai jenis-jenis ciput yang bisa kamu pilih sesuai dengan penggunaan hijab dan juga selera kamu. Pilihlah ciput dengan bahan yang bagus dan enggak kaku agar enggak terasa sakit kepala dan nyeri pada bagian kepala dan telinga kamu.

Untuk mencari ciput pilihan kamu, kamu bisa membelinya di Shopee. Tak hanya ciput, Shopee juga menyediakan berbagai kebutuhan ramadhan lengkap lainnya. Belanja kebutuhan ramadhan sekarang juga di Shopee Big Ramadan Sale. Di Ramadhan Sale Shopee ini, ada promo Gratis Ongkir Super Dahsyat, Flash Sale Akbar Rp1, & THR Kaget 15M yang bisa dinikmati pada 13 Maret - 22 April 2023. Tunggu apalagi? Yuk kunjungi aplikasi Shopee sekarang juga.

Artikel Pilihan