Menu

Jangan Langsung Tidur Ya! Ini 3 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Usai Sahur, Nomor 2 Sederhana Banget!

28 Maret 2023 03:20 WIB

Ilustrasi tidur setelah sahur (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Umumnya, para umat muslim yang berpuasa di bulan Ramadan akan menyantap sahur pada saat sebelum subuh atau waktu fajar. Saat waktu sahur tiba, mereka mengkonsumsi makanan kaya nutrisi dan asupan air yang cukup agar tak merasa lemas dehidrasi ketika beraktivitas di jam-jam berpuasa.

Namun, terkadang setelah melakukan santap sahur seseorang yang akan merasa kenyang akan merasa mengantuk kembali kemudian kembali tidur. Padahal langsung tidur setelah melakukan makan berat sangatlah tak dianjurkan lho Beauty! Belum lagi resiko bangun kesiangan juga dapat dialami seseorang yang kembali tidur setelah sahur. Berikut ini ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan sembari menunggu waktu subuh setelah melakukan santap sahur.

1. Berolahraga Ringan

Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika setelah melakukan santap sahur dan menunggu masuk waktu subuh adalah berolahraga. Tentunya olahraga yang dimaksudkan bukanlah olahraga berat, namun cukup dengan olahraga santai sembari menghirup udara segar di pagi hari. Usahakan kamu melakukan kegiatan olah fisik ringan sekitar 30 menit setelah melakukan santap sahur.

Olah fisik yang dilakukan bisa dengan berjalan santai, bersepeda dengan jarak pendek atau mekaukan kegiatan Yoga. Waktu yang dilakukan juga taklah terlalu lama, cukup sekitar 15-30 menit saja menjelang waktu subuh.

2. Membaca Buku

Kegiatan ini mungkin terbilang sederhana, namun membaca buku sembari menunggu waktu subuh dan sebelum beraktivitas kembali tentunya memiliki beberapa manfaat. Salah satunya yakni dapat membuat kinerja otak lebih maksimal.

Hal ini tentunya sudah sering diutarakan oleh orang-orang zaman dahulu, khususnya kepada anak-anak sekolah bahwa membaca atau belajar pada pagi hari menjelang subuh merupakan waktu yang tepat. Selain itu, dengan membaca buku setelah melakukan santap sahur kamu juga bisa merelaksasikan sistem pencernaanmu sebelum beraktivitas di saat berpuasa.

3. Membersihkan Rumah

Kegiatan ini juga bisa kamu lakukan selepas melakukan santap sahur sembari menunggu waktu subuh. Beberapa orang mungkin akan cukup sibuk ketika beribadah puasa sehingga waktu yang luang yang biasanya dilakukan untuk membersihkan rumah akan tersita. Di waktu menjelang subuh ini umumnya seseorang akan memiliki waktu yang cukup longgar. Kamu dapat memanfaatkan waktu luang tersebut untuk membersihkan rumah. Selain itu, membersihkan rumah juga dapat menjadi sebuah olahraga ringan yang tentunya cukup memiliki manfaat.

Nah, itulah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan setelah melakukan santap sahur sembari menunggu waktu masuk subuh. Mungkin bagi sebagian orang akan susah untuk tak tertidur selepas melakukan santap sahur, akan tetapi kita perlu mencoba beberapa hal yang disarankan seperti kegiatan di atas. Tentunya jika kamu memiliki ide lain yang bisa dilakukan selepas melakukan santap sahur juga bisa dilakukan. 

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza