Menu

Dianggap Jadi Pengusir Bosan, Boleh Gak Sih Nonton Mukbang Saat Puasa? Simak Yuk Hukumnya!

28 Maret 2023 01:55 WIB

Ilustrasi wanita sedang stress dalam bekerja. (Unsplash/Jeshoots)

HerStory, Jakarta —

Kini, banyak sekali industri hiburan dari Korea Selatan yang semakin diminati dunia termasuk Indonesia.

Salah satu hal yang sangat menyenangkan untuk disaksikan selain musik K-Pop dan drama adalah mukbang.

Mukbang berasal dari kata Meokbang yang merupakan gabungan dari Meogda yang artinya makan, dan Bangsong yang artinya siaran.

Biasanya, tayangan ini ditonton untuk menemani makan atau hanya sekedar untuk menggugah selera makan beberapa orang.

Namun, mengingat kini tengah bulan Ramadan, apakah nonton mukbang pada saat puasa bisa membatalkan puasa?

Pada dasarnya, puasa tak hanya untuk menahan lapar dan haus saja tapi juga nafsu dalam bentuk apapun. Dengan menonton kanal mukbang, itu bisa meningkatkan nafsu bagi beberapa orang dan membuatnya merasa ingin makan.

Lalu, bagaimana jika hanya melihatnya untuk mengetahui review makanan? Dikutip dari Tribunnews.com, Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Jawa Tengah, Ustaz Wahid Ahmadi menjawab hal tersebut.

Menurutnya, menonton atau melihat video mukbang sah-sah saja jika dilakukan dan tak mengganggu jalannya ibadah puasa.

Sama halnya seperti yang dikutip pada DalamIslam.com, Ibnu Taimiyah menyatakan bahwa membicarakan makanan saat puasa pun tak membatalkan ibadah tersebut.

Ditegaskan oleh pihaknya bahwa jika hal tersebut bisa membatalkan puasa, pasti Rasulullah SAW pasti telah menjelaskannya.

Namun, hingga kini tak ada seorang ulama yang memberitakan hal tersebut dari Nabi SAW, melalui Hadits sahih, Hadits lemah, Hadits musnad, atau Hadist mursal, maka dapat disimpulkan bahwa semua hal-hal tersebut tak membatalkan puasa ya Beauty!

Meski demikian, kamu harus tetap bijaksana dalam memilih tayangan yang dilakukan saat bulan Ramadan. Ada baiknya, alih-alih menonton mukbang kamu bisa memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan