Menu

Bau Mulut Bikin Kamu Minder? Ternyata Ini Sederet Penyebab dan Tips Mengatasinya Menurut Pakar, Sangat Mudah dan Praktis!

28 Maret 2023 12:10 WIB

Ilustrasi bau mulut (Popsugar/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tahukah Beauty, bau mulut memang dianggap wajar, tetapi bisa menimbulkan rasa tak nyaman saat berpuasa.

Menurut drg. Alice Tampubolon yang dikutip HerStory dari tayangan 'Ayo Hidup Sehat TVOne', ada dua hal yang menyebabkan timbulnya bau mulut.

"Bau mulut terjadi karena dua hal, yang pertama kita tik melakukan aktivitas mengunyah, sehingga air liur berkurang dan yang kedua kurangnya minum air putih, sehingga bakteri mengeluarkan bau sulfur yang menguat dan ini merupakan hal yang lumrah," jelas drg. Alice.

Di sisi lain, bau mulut berasal dari bakteri yang tergolong dalam Volatile sulfur compounds (VSCs), seperti hidrogen sulfida, methyl mercaptan, dan dimetil sulfida.

Salah satu produksi bakteri VSCs ini yang dikenal sebagai bakteri bau mulut adalah Streptococcus salivarius.

Agar terhindar dari bau mulut selama menjalankan ibadah puasa, drg. Alice memberikan tips sederhana yang bisa Beauty tiru selama bulan suci Ramadan.

Beauty cukup penuhi asupan mineral tubuh dengan mengonsumsi air putih saat berbuka dan sahur. Agar asupan tercukupi dengan baik, Beauty bisa membagi menjadi beberapa waktu.

Pertama, minumlah 3 gelas saat berbuka, dilanjutkan untuk minum 2 gelas menjelang tidur dan 3 gelas saat sahur.

Pasalnya, minum air putih bisa membantu membersihkan sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut, Beauty.

Selain itu, drg. Alice menyarankan kita agar menghindari makanan yang meninggalkan aroma menyengat selama berpuasa. Hal tersebut bisa memicu bau mulut tak sedap, ya.

Ditambahkan oleh drg. Alice, sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan berserat, terutama buah. Lebih lanjut, kita juga harus merawat kesehatan gigi dan mulut dengan bahan yang bersih dan sehat.

"Jangan lupa sikat gigi dengan pasta gigi dan obat kumur selama berpuasa," ungkap drg. Alice.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dengan meenjaga kualitas air liur tetap baik. Caranya adalah dengan menggunakan bahan pemebersih yang tepat.

"Gunakanlah pasta gigi yang tak mengandung deterjen tetapi mengandung enzim dan protein dan jangan pakai obat kumur yang mengandung alkohol agar tak kering," tutup drg. Alice.

Selain itu, usahakan untuk tak memakai obat kumur yang mengandung antiseptik. Karena hal itu akan membunuh bakteri baik. Sedangkan, kita harus mengembalikan bakteri baik tersebut bukan membunuhnya. 

Beauty, semoga informasi mengenai bau mulut selama berpuasa bermanfaat, ya.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan