Menu

Ini 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Gaya Hidup Minimalis

12 Januari 2021 15:10 WIB

Ilustrasi keluarga bahagia (Pinterest/Edited by Herstory

HerStory, Bandung —

Banyak orang yang salah tangkap dengan mengartikan hidup minimalis dengan hidup berkekurangan dan menjadi pelit. Padahal, kenyataannya gaya hidup minimalis menjadi metode yang baik untuk mengimbangi gaya hidup konsumerisme.

Dikutip dari lifehack (12/01/2021), dengan mengadopsi gaya hidup minimalis, tiap orang bisa membuang kebiasaan membeli yang tidak dibutuhkan untuk fokus pada apa yang dibutuhkan, dan merasakan hidup tanpa utang, gangguan, dan kebisingan.

Selain yang sudah disebutkan di atas, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menjalani gaya hidup minimalis.

Merasakan kenyamanan

Saat kamu berhenti untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan, dan membiarkan ruang rumah  terisi dengan barang-barang sewajarnya,kamu akan merasakan kenyamanan karena memiliki ruang yang cukup untukmu dan keluarga.

Mendapatkan kebebasan

Kepemilikan barang akan mengikat dan membuat seseorang takut kehilangan. Bebaskan dirimu dari keterikatan terhadap barang. Membiarkan sifat konsumerisme pergi akan membuatmu merasakan kebebasan dari keserakahan, utang, bahkan obsesi dan mencari pekerjaan sampingan.

Fokus pada kesehatan dan hobi

Saat libur akhir pekan dan kamu masih sibuk dengan berbagai urusan, seperti membawa mobil ke bengkel untuk mengganti warnanya, itu menandakan kamu belum terbebas dari sifat konsumerisme.

Semua orang selalu mengaku mereka tidak memiliki waktu yang cukup, namun berapa banyak orang yang menyadari, untuk keperluan apa saja waktu yang mereka punya? Dengan meluangkan waktu tanpa terjebak situs belanja online, kamu bisa menikmati hari-hari bersama keluarga tercinta, membaca lebih banyak buku atau sekadar olahraga bersama.

Memperoleh kebahagiaan

Saat seseorang menggantungkan hidupnya pada kepemilikan dan takut kehilangan, stres karena banyak pikiran akan menyerang. Dengan menyederhanakan hidup, kamu tidak perlu memikirkan hal lain yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan. 

Kebahagiaan secara alami akan datang, dan kamu akan menemukan konsentrasi untuk fokus pada sesuatu yang menjadi prioritas dalam hidupmu.

Tidak takut dan selalu percaya diri

Pelajaran penting yang bisa diambil dari biksu Buddha adalah mereka tidak pernah memiliki perasaan takut kehilangan, karena mereka memang tidak memiliki apa-apa. Gaya hidup minimalis membuatmu lebih mandiri dan percaya diri untuk mendapatkan kebahagiaan sejati.

Pada dasarnya, minimalis adalah gaya hidup yang berusaha mengurangi jumlah gangguan untuk fokus pada tujuan prioritas yang sebenarnya.