Menu

Hati-Hati! Kebiasaan Membentak Si Kecil dapat Merusak Sel Otak Anak Lho Moms

12 Januari 2021 16:40 WIB

Ilustration of Helicopter Parenting (FOX23/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Setiap orang tua memiliki caranya sendiri dalam mendidik anak. Ada yang mendidiknya dengan cara lembut dan penuh kesabaran, namun tak sedikit pula yang menggunakan cara keras hingga membentaknya untuk membuat anak disiplin. Semuanya tergantung pribadi dari masing-masing orang tua. Nah, kamu termasuk yang mana nih moms? 

Apabila kamu termasuk orang tua yang mendidik anak dengan cara keras dan selalu membentaknya, sebaiknya hentikan mulai saat ini ya. Pasalnya hal tersebut dapat memberikan dampak yang buruk pada otak anak. 

Melansir dari motherandbaby.co.id (12/01/2021), seorang dokter ahli ilmu otak menjelaskan bahwa saat orang tua membentak anak, ia akan merasa ketakutan dan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Kadar hormon kortisol yang tinggi akan memutuskan sambungan neuron atau sel-sel di otak.

Perlu diketahui, apabila sambungan neuron terputus, hal itu dapat membuat anak sulit mengambil keputusan, tak bisa menerima informasi dengan baik, hingga membuat anak tak memiliki kepercayaan diri. Semakin sering kamu membentaknya, maka akan semakin tinggi kerusakan yang terjadi. 

Tak hanya itu, kebiasaan membentak anak pun akan membuat ia tertekan dan merasa tak nyaman berada di dekatmu. Tentu hal itu dapat membuat hubungan antara ibu dengan anak menjadi jauh. Tentunya kamu nggak mau kan hal itu terjadi? Untuk mencegah hal tersebut, mulai saat ini biasakan berbicara dengan pelan dan baik-baik ya moms.