Menu

Bikin Hati Adem, Ustaz Adi Hidayat Spill Cara Mudah Maafkan Orang di Bulan Suci Ramadan! Coba Yuk Beauty!

30 Maret 2023 01:25 WIB

Ilustrasi wanita yang segan memberikan maaf. (Freepik/nakarldore)

HerStory, Jakarta —

Untuk umat Muslim, bulan Ramadan adalah bulan suci yang dikenal juga sebagai bulan ampunan. Maka dari itu, banyak yang berbondong-bondong mencari pahala dan rahmat agar hidupnya penuh dengan keberkahan ketika bulan ini hadir.

Karena Pahala di Bulan ini Allah SWT lipatgandakan berkali-kali lipat, sebagai penggugur dosa-dosa kita yang banyak di masa lalu. 

Bahkan sejak awal Bulan Ramadhan kita di wajibkan tunaikan ibadah special.

Ibadah tersebut nantinya hanya Allah SWT yang akan menilai, yakni Ibadah Puasa (menahan makan minum dan hawa nafsu juga berbagai indra dari melakukan keburukan). 

Agar nantinya pahala tersebut 'sempurna' dan Allah SWT ampuni kesalahan-kesalahan kita.

Dalam unggahan Video TikTok oleh akun @ms.Ugik , dibahas pula salah satu ilmu memaafkan kesalahan. 

Karena tak hanya kita yang menunggu Ampunan Allah SWT, tapi pentingnya kita mulai belajar dulu untuk memaafkan kesalahan orang lain agar mendapatkan Rahmat Allah SWT nantinya.

Chacha Federica yang di berikan kesempatan bertanya ini, menanyakan “bagaimana sih Ustadz cara kita memaafkan orang lain? supaya sangat mudah dan benar-benar ikhlas.”

Ustadz Adi Hidayat pun menjelaskan, beberapa kalimat singkat yang menjawab pertanyaan tersebut.

Dalam Q.S. Ali Imron Surat ke-3 ayat 133-134 yakni “Dan Bersegeralah kamu mencari ampunan kepada Allah dan mendapatkan surge yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang bertakwa.”

Selepas ayat tersebut, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan ada 3 golongan utama yang Allah SWT berikan Surga yang luasnya seluas langit dan bumi tersebut.

Di antaranya yang pertama : Golongan yg kekurangan tapi masih bisa bersedekah.

Lalu yang ke-2 orang yang sanggup menahan amarahnya, dan yang ke-3 sekaligus menjawab pertanyaan Chacha Federica tersebut adalah golongan yang mudah memaafkan kesalahan orang lain.

"Andaikan jika kita diberikan kesempatan oleh Allah SWT, apakah untuk meluapkan amarah, atau mendapatkan singgasana di dalam surga yang luasnya seluas Langit dan Bumi?" Tanya Ustadz Adi kepada Jama’ah. 

Setelah pertanyaan tersebut Selebriti yang hadir, dan Jama’ah pun merasa takjub dan bersemangat mendengar hal tersebut.

Karena pertanyaan tersebut sudah berisi jawaban yang menegaskan Ayat Al-Qur'an sebelumnya.