Menu

Merasa Doa Belum Terkabul Hingga Kini? Jangan Sedih, Ustad Adi Hidayat Kasih Jalan Keluar: Itu Pahalanya!

30 Maret 2023 04:25 WIB

Ilustrasi perempuan berdoa di bulan Ramadan. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Seperti yang diketahui, bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Pasalnya, bulan ini dikenal sebagai bulan penuh keberkahan dimana pintu neraka ditutup, pintu surga dibuka. Bahkan, segala amalan pun akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Jadi, sudah tak heran bila banyak kaum muslim berlomba-lomba untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya dan berdoa. Konon, segala doa yang dipanjatkan umat Islam di bulan suci ini akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Namun tak jarang, ada yang merasa bila doa yang telah dipanjatkan masih belum dikabulkan oleh Allah meskipun telah meminta berulang kali lho Beauty. 

Seperti yang dialami seorang jamaah yang hadir dalam kajian Ustaz Adi Hidayat ini, ia mengaku telah memanjatkan doa yang sama namun belum dikabulkan hingga melewati dua kali bulan ramadhan.

"Tadi kata pak ustaz selama bulan ramadhan jika kita berdoa, doa kita akan dikabulkan oleh Allah, nah ini permasalahannya dari ramadhan tahun lalu saya berdoa sesuatu sampai ramadhan tahun ini pun saya berdoa akan hal yang sama belum dikabulkan juga ustaz," tanya seorang jamaah.

Diunggah oleh akun TikTok @sugicgnce, mendengar hal itu UAH pun menjelaskan bila Allah hanya menunda doa bukan tak mengabulkannya.

"Maaf, boleh jadi bukan Allah tidak mengabulkan tapi yang pertama mungkin Allah menunda sampai anda siap menerimanya dan di balik penundaan itu ada pahala mengalir. Bukankah orang kalau belum dijawab minta lagi, minta lagi, minta lagi," ucap Ustaz Adi Hidayat.

Bahkan, ia juga mengatakan bila sosok Nabi Muhammad SAW yang sangat disayangi Allah pun memerlukan waktu hingga berbulan-bulan untuk doanya bisa dikabulkan.

"Saya tanya pada anda, anda kenal Nabi Muhammad ? kenal dimana ? Nabi Muhammad minta dikabulkan doa supaya kiblat diarahkan ke masjid al haram tadinya di masjid al aqsa, minta kepada Allah, lalu turun quran surah ke 2 ayat 144, kata Allah kami sering perhatikan kamu mengadahkan wajahmu ke langit minta, minta, minta diperhatikan Allah," ucapnya kembali.

"Pertanyaan saya, apakah saat minta langsung dikabulkan ? tidak, itu baru dikabulkan setelah 17 bulan, ada Nabi minta pada Allah orang paling sholeh, paling taqwa, dijamin surga baru dikabulkan 17 bulan dan beliau biasa aja gak pernah pasang status," sambungnya Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menambahkan bila tujuan Allah belum mengabulkan doa adalah agar seseorang bisa bersabar dan terus meminta kepadanya dan diganti dengan pahala.

"Kenapa anda baru 7 bulan langsung mengeluh ? kadang-kadang bukan tidak diberi tapi ada rasa cinta supaya kita terus memohon pahala terus diberikan," pungkas Ustaz Adi Hidayat di akhir penjelasannya.

Melihat video ceramah Ustaz Adi Hidayat itu pun, membuat netizen memberikan beragam repsonnya dalam kolom komentar.

"Sabar memang harus disertai keyakinan. Sikap itulah yg membantu kita untuk ikhlas dalam pengharapan.," cuit @In****ic.

"inti yaa setiap hari kita meminta memohon sm allah.., agar doa" kitaa di kabulkan allah swt, amin amin YRA," imbuh @d****a.

"10 tahun, 10 x ramadhan blm jg dikabulkan utk hamil. semoga Allah segera mengabulkan di Ramadhan ini. aamiin," kata akun @Ar****di.

"Selama bln ramadhan ini aku sllu berdoa dari hal terkecil n seketika Allah swt lgsung mengabulkan smw n memudahan jualan ku...(emoji tangan berdoa 3x)(emoji wajah love 3x)," ungkap @W****Z.

"MasyaAllah seneng banget kalo nyimak ceramahnya Ustadz Adi Hidayat," timpal @Yu****an.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza