Menu

Tanpa Minum, Ini Cara Menghilangkan Cegukan saat Puasa, Simak Ya Beauty!

30 Maret 2023 16:40 WIB

Ilustrasi cegukan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pernahkah kamu mengalami cegukan saat berpuasa? Tentunya, kondisi ini membuat napas menjadi tidak nyaman karena terkena hentakan cegukan yang muncul kapan saja. 

Umumnya, cegukan terjadi ketika otot diafragma berkontraksi tanpa disengaja. Kondisi ini memungkinkan udara masuk terlalu cepat ke paru-paru sehingga saluran pernapasan menutup. 

Nah, saat mengalami kondisi ini, kita dianjurkan untuk minum air putih agar cegukan hilang. Namun bagaimana jika sedang berpuasa? 

Tenang aja Beauty, kamu gak perlu membatalkan puasa dengan minum untuk menghilangkan cegukan. Ada cara yang ampuh bisa membantu mengusir cegukan sehingga kamu bisa nyaman kembali. 

Melansir dari WebMD, sebagian besar cegukan sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun dalam beberapa kasus, ada cegukan yang terjadi cukup lama hingga berjam-jam. 

Salah satu cara menghilangkan cegukan tanpa minum adalah dengan menahan napas dalam 10 hitungan lambat. Ini bisa kamu lakukan 3-4 kali setiap 20 menit hingga cegukan mereda. 

Cara selanjutnya bisa bantu hilangkan cegukan adalah dengan bernapas dalam kantong kertas. Caranya, hirup udara lalu buang dalam kantong kertas dan ulangi. 

Ini dapat membantu otot diafragma menjadi lebih rileks sehingga cegukan berhenti. 

Beauty, penting untuk dicatat, jika cegukan berlangsung lebih dari 2 hari dan semakin parah hingga mengganggu pernapasan serta pola tidur, segera hubungi dokter. 

Mengutip dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) cegukan yang berlangsung selama 2 hari lebih dipicu oleh berbagai kondisi penyakit, seperti gangguan sistem pencernaan, gangguan ginjal, otak, dan pernapasan.