Menu

Cerita Sukses Brand Lokal Fesyen Muslim yang Turut Meriahkan Ramadan in Style Tokopedia, Ada Favoritmu?

31 Maret 2023 19:30 WIB

Konferensi pers Ramadan in Style di Tokopedia Tower, Jakarta Selatan (Noorma/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, bisnis fesyen muslim mengalami peningkatan minat di bulan Ramadan khususnya menjelang Idul Fitri.

Untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan masyarakat akan produk fashion khususnya fashion muslim, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis termasuk pelaku usaha lokal fashion muslim dalam menghadirkan kampanye Ramadan in Style hingga 18 April 2023.

Melalui Tokopedia Ramadan in Style, masyarakat bisa mendapatkan berbagai pilihan produk baju muslim lokal dengan lebih efisien karena ada diskon hingga 99%, flash sale mulai dari Rp1.000 dan cashback sampai Rp300 ribu.

Tokopedia Ramadan in Style juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk mengajak masyarakat berdonasi paket makanan untuk duafa, anak yatim dan piatu.

Ramadan in Style menjadi panggung bagi pelaku usaha lokal fesyen muslim wanita maupun pria untuk memaksimalkan penjualan di Ramadhan, contohnya Ria Miranda, Fatih Indonesia, ZM Zaskia Mecca dan masih banyak lagi.

Ria Miranda Terinspirasi Budaya Minang

Ria Miranda adalah sebuah brand fesyen muslim yang berdiri sejak 2009 dan terinspirasi dari cara berpakaian ibu sang pemilik yang feminin, elegan dan menyukai warna pastel. 

“Ria (owner Ria Miranda) juga terinspirasi dari budaya Minang seperti songket, rempah masakan Padang serta ukiran rumah gadang,” jelas Chief Commercial Office Ria Miranda, Yaya Wulandari.

Pada Tokopedia Ramadan in Style 2023, Ria Miranda meluncurkan koleksi eksklusif ‘Sangsata’ yang menghadirkan motif songket berbalut ornamen bunga yang modern. Koleksi eksklusif Sangsata dari Ria Miranda–yang terdiri dari dress, tunik, mukena, atasan, scarf dan koleksi keluarga–bisa didapatkan masyarakat hanya melalui Tokopedia. 

Fatih Indonesia Buka Lapangan Kerja untuk Penjahit

Fatih Indonesia yang didirikan oleh Fahmi Hendrawan pada tahun 2015, menawarkan berbagai baju muslim laki-laki dengan unsur batik khas Indonesia. 

“Nama Fatih Indonesia diambil dari surat Al-Fatihah yang berarti pembuka. Saya berharap bisnis ini bisa menjadi pembuka rezeki saya dan karyawan sekaligus pembuka identitas Indonesia di kancah fashion global,” ujar Fahmi.

“Fahmi yang di masa lampau pernah magang menjadi tukang jahit, saat ini berhasil memberdayakan sekitar 30 karyawan–termasuk penjahit batik artisan di Garut, Tasikmalaya, Solo dan Bengkulu–lewat bisnis yang ia bangun. 

Pada Tokopedia Ramadan in Style 2023, Fatih Indonesia akan menghadirkan koleksi eksklusif bertajuk ‘Harmonia’ dengan warna bumi (earth tone) dan mengambil motif batik dari Tasikmalaya. Koleksi Harmonia dari Fatih Indonesia akan diluncurkan pada 3 April 2023 hanya melalui Tokopedia. 

Brand Baju Muslim ZM Zaskia Mecca Berdayakan Lebih dari 2.000 Pekerja

Brand fesyen muslim ZM Zaskia Mecca kini telah memberdayakan lebih dari 2.000 pekerja  di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Pekalongan dan Jepara. 

“Kami memilih bekerja sama dengan penjahit lokal karena lebih mengerti tentang kekayaan Indonesia sekaligus ingin mendukung perekonomian daerah tersebut,” jelas CEO dan Founder ZM Zaskia Mecca, Muhammad Haykal Kamil.

“Pada Tokopedia Ramadan in Style 2023, ZM Zaskia Mecca akan meluncurkan koleksi ‘Romansa Khatulistiwa’ edisi Melati. Warna putih bunga melati menggambarkan kesucian yang selaras dengan Ramadhan. Koleksi ini akan tersedia secara eksklusif di Tokopedia mulai 3 April 2023, dan terdiri dari blus, dress, tunik dan scarf,” jelas Haykal.

Itu dia kisah sukses beberapa brand modest fashion lokal yang ikut memeriahkan Ramadan in Style Tokopedia, Beauty!