Menu

Selain Bikin Masakan Jadi Sedap, 5 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan, Salah Satunya...

03 April 2023 11:25 WIB

Bawang Bombay. (Google/Alodokter)

HerStory, Bekasi —

Bukan hanya sekadar bumbu penyedap masakan, bawang bombay ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. 

Mau tahu apa saja? Dilansir Suara.com dari Medical Daily, berikut deretan manfaat bawang bombay bagi kesehatan:

1. Vitamin C

Victoria Jarzabkowski, ahli gizi dari Fitness Institue of Texas di University of Texas, mengatakan bahwa bahwa bawang bombay adalah sumber vitamin C yang sangat baik.

"Selain sebagai sumber vitamin C, bawang ini mengandung senyawa sulfur, flavonoid, dan phytochemical. Diperkirakan bawang bombay mengandung hanya 45 kalori per sajian dan tidak mengandung lemak," ujarnya.

2. Turunkan risiko kanker

Penelitian tahun 2017 dari University of Guelph mengatakan bawang bombay mengandung quercetin dan anthocyanin dalam jumlah tinggi yang sangat baik untuk membunuh sel kanker. Menurut Abdulmonem Murayyan, pemimpin studi, bawang bombay bisa mematikan sel kanker.

3. Bakteri baik

Mengonsumsi bawang bombay dapat membantu mempertahankan bakteri baik di usus kita. Ini karena bawang juga mengandung serat prebiotik yang menjadi sumber makanan bagi bakteri, menurut sebuah studi pada 2018 dari King's College London.

Selain bawang, sayuran juga mengandung senyawa yang disebut fructo-oligosaccharides yang dapat merangsang pertumbuhan bifidobacteria yang menekan pertumbuhan bakteri yang berpotensi berbahaya di usus besar," ungkap Joe Schwarcz, Ph.D., dari McGill University.

4. Kontrol gula darah

Kandungan Allium cepa pada ekstrak bawang bombay telah menunjukkan potensi dalam menurunkan glukosa darah tinggi ketika diuji dalam penelitian pada hewan.

Meskipun mekanismenya belum jelas, namun belerang dalam bawang bertanggung jawab mendorong peningkatan produksi insulin.

5. Jantung sehat

Kolesterol LDL dapat menumpuk di sepanjang dinding arteri. Penumpukan dapat menyebabkan gumpalan darah, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Kandungan phytochemical dalam bawang dapat mengurangi jumlah LDL dalam darah. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian pada hewan di mana levelnya mencapai 20 persen tanpa memengaruhi level HDL.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya

Artikel Pilihan