Menu

Gini Lho Penjelasan Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Adi Hidayat Soal Bayar Zakat Tanpa Ijab Kabul, Sebenarnya Sah Gak Sih?

03 April 2023 16:10 WIB

Ustaz Abdul Somad. (WartaEkonomi)

HerStory, Jakarta —

Semakin mendekati hari raya Lebaran, biasanya umat Islam menjalankan rukun Islam yang keempat yakni zakat. Biasanya, zakat terbagi menjadi dua yakni zakat mal (zakat harta) dan zakat fitrah (zakat jiwa). Dalam kedua zakat ini mempunyai ketentuan dalam pengeluarannya yang dimana zakat mal (zakat harta) dikeluarkan jika sudah mencapai nisab (ketentuan), sedangkan Zakat fitrah (zakat jiwa) dikeluarkan saat bulan suci Ramadan. 

Ketika memberikan zakat, biasanya ada ijab kabul atau serah terima yang dilakukan. Namun, apabila lupa atau tak memakai ijab kabul apakah pemberian zakat tetap sah? Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Adi Hidayat. Simak yuk!

Seorang jamaah yang hadir pada ceramah Ustaz Abdul Somad menyampaikan pertanyaan soal hal ini. Lewat secarik kertas, akhirnya sang ustaz menjawab rasa penasaran sang jemaah.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz..

Saya ingin bertanya apakah boleh jika saya mengeluarkan zakat mal lewat kota infak dan tidak ada ijab kabul. Namun, saya sudah niatkan untuk mengeluarkan zakat mal saya apakah itu sah atau tidak zakat mal saya ustaz? mohon penjelasannya," tanya seorah jemaah dikutip dari laman Kompasiana.com pada Senin (3/4/2023).

"Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh

Dengan tegasnya UAS menjawabnya sah. Karna zakat tidak perlu di salamkan dengan tangan uangkapnya. Ijab kabul juga ada yang namanya mubah, ada yang sunnah dan ada yang wajib. Ijab kabul yang mubah itu ketika kita membeli barang seperti minuman. Sehingga itu boleh kita menggunakan ijab dan boleh juga tidak. Sedangkan ijab kabul yang sunnah yaitu zakat sebagaimana yang dijelaskan dalam Alquran "ya Muhammad kalau mereka membayar zakat, maka doakan lah mereka." Dalam zakat sekarang banyak yang menggunakan nomor rekening bank tentu itu sah tanpa adanya ijab kabul kata UAS. Namun, jika dalam akad nikah tidak ada ijab kabul maka hukumnya tidak sah, karna hukum ijab kabul dalam pernikahan itu wajib," jawab sang ustaz.

Sedangkan, Ustaz Adi Hidayat juga pernah membahas hal yang sama. Pertanyaan tersebut dilontarkan lewat sosial media.

"Assalamualaikum ustaz..

Saya ingin bertanya apakah betul zakat fitrah tidak harus dengan ijab kabul dan kapan waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah? Afwan zajakallah khairan ustaz," tanya seorang netter.

"Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada ijab kabul tentang zakat dan ijab kabul hanya ada untuk nikah. Saya juga belum ada menemukan riwayat terhadap ijab kabul zakat. Saya pernah ketika saya masih di Surabaya datang saya ke masjid yang dekat dengan rumah saya dan saya ingin mengeluarkan zakat fitrah saya. Lalu tiba-tiba Amil nya mengulurkan tangannya seperti ingin mengajak saya untuk ijab kabul pernikahan. Lalu saya menolak nya dan dia berkata " kenapa menolak, kita kan mau ijab kabul untuk beras zakat nya" lalu saya katakan kepada Amil nya bahwa tidak perlu ijab kabul karna saya sudah niatkan untuk zakat saya itu sudah cukup. Itu yang saya ketahui ungkap UAH. Cukup kita berikan zakat fitrah kita dan kita niatkan, Allah lebih mengetahui hambanya. Lalu, waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat fitrah berdasarkan hadits nabi yaitu sebelum shalat Ied, karna jika kita mengeluarkan sesudah shalat Ied maka zakat kita akan menjadi sedekah," jawab ustaz Adi Hidayat.

Nah itu dia jawaban dari kedua ustaz soal ijab kabul dan zakat. semoga membantu ya Beauty!

Artikel Pilihan