Menu

Puasa Sambil Menyusui Punya Banyak Manfaat untuk Ibu dan Bayi, Ini 4 Cara Cukupi Gizi Ketika MengASIhi, Cuss Moms Kejar Pahala!

04 April 2023 17:55 WIB

Ilustrasi ibu yang sedang menyapih anaknya. (Freepik/prostooleh)

HerStory, Jakarta —

Rupanya, jika kamu merasa mampu, ibu menyusui boleh lho berpuasa sesuai dengan arahan dokter. Namun, tetap saja harus memastikan nutrisi untuk si kecil sebagai kunci memberikan ASI alias mengASIhi. Lalu, apakah ada cara untuk mencukupi kebutuhan tersebut?

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan RSIA Grand Family, dr. Edward Tony Ngantung, Sp.OG menjelaskan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO membolehkan ibu menyusui berpuasa, karena pada dasarnya hanya memindahkan jadwal makan harian ke waktu sahur dan berbuka.

"Sehingga tubuh perlu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang selama sahur dan buka puasa untuk menyimpan makanan dan dapat menggunakannya saat diperlukan," ujar dr. Edward melalui keterangan Eka Hospital yang dilansir melalui sindikasi konten suara.com Selasa (4/4/2023).

Ia menambahkan, jika ibu menyusui melakukan puasa dengan cara cepat maka bisa memberikan manfaat untuk kesehatan dirinya dan bayi.

"Seperti menjaga berat badan memelihara kesehatan jantung, hingga membantu proses detoksifikasi. Karenanya diperlukan makanan dan gizi yang lebih untuk ibu menyusui agar dapat tetap bugar saat berpuasa, termasuk mencukupi kebutuhan cairan," papar dr. Edward.

Berikut ini cara agar ibu menyusui cukup minum dan cukup gizi yang perlu diperhatikan.

1. Minum 3 Liter Air Sehari

3 liter air minum maka setara dengan 12 gelas air, yang bisa dibagi-bagi sejak buka puasa hingga sahur. Seperti minum air 2 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah salat magrib, 1 gelas sebelum dan setelah tarawih.

1 gelas sebelum tidur, 2 gelas bangun sahur, 1 gelas sebelum sahur, dan 1 gelas setelah sahur.

2. Konsumsi Air Kelapa

Jika dirasa bosan mengonsumsi air putih, maka air kelapa murni bisa jadi alternatif. Ini karena selain mengandung mineral, air kelapa juga mengandung asam amino yang baik untuk bayi.

"Air kelapa murni dapat menjadi minuman alternatif terbaik, sebab air kelapa bisa membantu menghidrasi tubuh, sekaligus mendukung sekresi ASI dan menjaga sistem imun tubuh," papar dr. Edward.

3. Cukup Konsumsi Protein

Alih-alih protein nabati, protein hewani sangat baik untuk otak dan perkembangan bayi, terlebih bagi ibu menyusui protein bisa menambah energi selama seharian berpuasa.

"Konsumsi makanan yang mengandung cukup protein dan karbohidrat seperti oatmeal, telur, dan yoghurt guna meningkatkan jumlah produksi ASI," terangnya.

4. Hindari Makanan Manis

Makanan manis khususnya makanan olahan mengandung gula tinggi, yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah ibu menyusui dan menyebabkan diabetes. Termasuk makanan tinggi gorengan bisa meningkatkan kadar kolesterol.

"Juga hindari konsumsi makanan manis dan tinggi lemak seperti gorengan dan kue, tapi dapat diganti dengan makanan bergizi yang mudah dicerna oleh tubuh, seperti sup, buah, sayur, ikan, kacang-kacangan," tutup dr. Edward.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.