Menu

Jelang Malam Lailatul Qadar, Ustaz Abdul Somad Ungkap Amalan yang Perlu Kamu Lakukan! Salah Satunya Jaga Hawa Nafsu Ya!

04 April 2023 21:55 WIB

Ilustrasi malam Lailatul Qadr. (Getty Images/iStockphoto/Zeferli)

HerStory, Jakarta —

Gak cuma bulan Ramadan saja yang selalu dinantikan umat muslim karena pahala dan ibadah dilipatgandakan pada saat itu, malam Lailatul Qadar juga menjadi sesuatu yang sangat dinantikan lho Beauty. 

Malam Lailatul Qadar sangat dinantikan oleh setiap umat Islam di seluruh dunia. Lantas apakah amalan mendapat malam Lailatul Qadar? Ustaz Abdul Somad (UAS) menyebut amalan yang sangat penting dilakukan untuk mendapat malam Lailatul Qadar.

Menurut Ustadz Abdul Somad, amalan tersebut harus dilakukan secara maksimal untuk mendapat keistimewaan malam Lailatul Qadar 2023.

Kata UAS, salah satu amalan yang harus dilakukan untuk mendapat malam Lailatu Qadar yakni mengendalikan hawa nafsu.

Amalan tersebut menjadi satu di antara yang terpenting diamalkan umat muslim yang sangat mendambakan bertemu dengan malam Lailatul Qadar.

Tak hanya mengendalikan hawa nafsu, Ustaz Abdul Somad juga menjelaskan amalan lain yang sangat dianjurkan yakni memperbanyak amal ibadah.

Ustaz Abdul Somad kemudian menyebut amalan yang harus dilakukan yakni menjelani salat sunnah siang dan malam selain itu tadarus Alquran.

Zikir hingga sedekah juga menjadi salah satu amalan yang dicintai Allah dan seharusnya bisa dimaksimalkan pada bulan Ramdhan.

"Siangnya shiyam, sebagaimana perintah di Surah Al-Baqarah, apa artinya?" kata Ustaz Abdul Somad.

"Kita mampu tahan mata, telinga, otak, lidah, hati, tangan, dan kaki."

"Shiyam itu tetap beraktivitas, namun tetap menundukkan pandangan dan kontrol lainnya, atau kata lain menahan hawa nafsu," jelas Ustadz Abdul Somad dilansir Suara Pekanbaru dari kanal youtube Ustadz Menjawab.

Untuk bisa mengendalikan hawa dan nafsu, maka dianjurkan menjaga mata atau pandangan agar jangan "jalan-jalan".