Menu

Perjalanan Karier Ribka Tjiptaning dari Seorang Dokter sampai Jadi Wakil Rakyat

15 Januari 2021 11:55 WIB

Ribka Tjiptaning (Detikcom/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Politikus Ribka Tjiptaning yang saat ini menjabat sebagai anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan yang membidangi tenaga kerja dan transmigrasi, kependudukan dan kesehatan periode 2019-2024. 

Ribka lahir di Jogjakarta pada 1 Juli 1959 dan memiliki latar belakang kesehatan setelah mengenyam pendidikan strata satu di Universitas Kristen Indonesia dan dilanjut S2 Ahli Asuransi Kesehatan di Universitas Indonesia.

Berkat latar belakang pendidikan di bidang kesehatannya tersebut, Ribka pernah mendirikan klinik di Ciledug pada tahun 1992. Pendirian kliniknya ini yang membuatnya bertemu dengan aktivis zaman pemerintahan Soeharto dan bertekat untuk turun ke dunia politik.

Perjuangannya masuk ke dunia politik cukup berat karena ia sempat dicap sebagai anak PKI. Ayahnya, Raden Mas Soeripto Tjondro Saputro menghilang dan ibunya dibawa oleh tentara. Repurtasi keluarganya saat itu membuat kecil kemungkinan Ribka bisa menduduki posisi tinggi di pemerintahan Indonesia. 

Setelah adanya kebijakan dari Presiden Abdurrahman Wahid yang menghapuskan diskriminasi terhadap keluarga korban G30SPKI, Ribka akhirnya memberanikan diri ikut pemilu di tahun 2004.

Sebelum turun ke politik, Ribka adalah dokter praktik di klinik pada tahun 1990 dan tugasnya berpindah-pindah dari Ciledug ke Depok sampai tahun 1992. 

Ia sempat cukup lama menjadi dokter untuk Puan Maharani sejak tahun 1992 sampai 2000. Lalu di tahun 2004 ia memberanikan diri ikut pemilu sampai akhirnya terpilih menjadi anggota DPR RI di tahun 2005-2019 sebagai Ketua Komisi IX. 

Pada 2019, ia kembali terpilih mewakili rakyat di bidang yang sama dalam komisi IX sebagai anggota dan masih aktif sampai saat ini.