Menu

Ternyata Puasa Memiliki Manfaat yang Luar Biasa Dahsyat untuk Kesehatan Mental, Apa Saja Ya Moms? Cek Yuk!

05 April 2023 23:20 WIB

Ilustrasi puasa (Pexels/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tak hanya menjaga kesehatan tubuh, puasa rupanya juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan mental lho Moms. Pada hari pertama kamu mungkin tidak merasakan manfaat puasa untuk kesehatan mental secara langsung.

Sebab, hal ini juga butuh waktu untuk beradaptasi dahulu dengan kebiasaan makan yang baru. Nah, kamu akan merasakan dampak positifnya ketika tubuh mulai terbiasa. Apa saja?

1. Mengurangi stres

Ketidakmampuan seseorang mengelola emosi dan pikiran dapat menyebabkan stres. Seseorang akan punya kemampuan berpikir yang lebih baik jika memiliki jadwal makan yang teratur.

Sehingga, kemampuan dalam mengelola emosi juga akan ikut meningkat. Kadar kortisol, hormon yang diproduksi tubuh saat stres, juga akan tetap terkendali selama berpuasa. Saat kortisol tinggi, kamu akan lebih mudah tersinggung hingga mengalami stres.

2. Mengaktifkan proses autofagi

Tubuh akan mengaktifkan proses autofagi saat kamu berpuasa. Autofagi sendiri yaitu proses detoksifikasi tubuh secara alami yang akan membersihkan sel-sel yang rusak serta tidak berfungsi.

Produksi sel pengganti yang baru juga akan terjadi selama proses tersebut. Sel-sel yang sudah rusak jika tidak dibersihkan maka akan meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Parkinson atau Alzheimer.

Proses autofagi juga dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat sesuatu, menentukan keputusan, hingga memproses informasi. Secara tidak langsung dengan adanya proses autofagi saat puasa maka mental pun akan terjaga.

3. Memperbaiki suasana hati

Studi The Journal of Nutrition, Health, & Aging menyebut jika puasa intermiten dapat memperbaiki kesehatan mental. Caranya dengan mengontrol ketegangan, kemarahan, dan gangguan mood lainnya. Hubungan tersebut berasal dari asupan kalori yang terjaga selama intermittent fasting.

Itulah tiga manfaat puasa untuk kesehatan mental. Semoga mencoba Moms!

Artikel Pilihan