Menu

Tetap Dapat Pahala, Ini 6 Amalan di Bulan Ramadan bagi Wanita Haid yang Bisa Dilakukan, Sudah Tahu Belum?

06 April 2023 10:20 WIB

Ilustrasi perempuan berdoa di bulan Ramadan. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Wanita yang sedang haid tetap bisa melakukan amalan di bulan Ramadan untuk mendapatkan berkah dan pahala. Sebagaimana diketahui, wanita yang sedang haid enggak boleh berpuasa, salat, dan membaca Al-Qur'an.

Kendati begitu, masih ada beberapa amalan-amalan yang bisa dilakukan wanita haid di bulan Ramadhan untuk meraih pahala terbaik penuh keberkahan-Nya. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, berikut amalan di bulan Ramadan bagi wanita haid.

1. Menyiapkan Hidangan Berbuka

Dilansir dari laman Dompet Dhuafa, perempuan yang menyiapkan hidangan untuk berbuka ternyata memiliki nilai pahala yang setara dengan orang yang berpuasa.

Dari Zaid bin Khalid Al Juhani berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka  puasa, dia mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.” (HR. At-Tirmidzi).

2. Memperbanyak Sedekah

Waktu terbaik yang dianjurkan dalam bersedekah yakni di waktu subuh atau disebut juga sedekah subuh. Sebab, pada waktu subuh dua malaikat turun ke bumi untuk mendoakan orang-orang yang bangun di pagi hari.

Wanita yang sedang haid bisa ikut menyiapkan hidangan sahur serta dilanjutkan dengan bersedekah subuh. Tidak perlu repot harus keluar untuk mencari kotak amal, karena kini bersedekah sudah bisa dilakukan secara online.

Memperbanyak sedekah gak harus berupa materi, apapun itu asalkan ikhlas dan istiqamah seperti menebar senyum kebaikan.

3. Perbanyak Dzikir

Dzikir merupakan amalan baik yang dianjurkan pada siapa pun dan kapan pun tanpa ada batasan, termasuk wanita sedang haid. Perempuan yang sedang haid juga diperkenankan untuk mengikuti majlis-majlis dzikir dan shalawat agar tetap bisa meraih pahala terbaik-Nya.

4. Perbanyak Berdoa

Wanita yang sedang haid tetap bisa memanjatkan doa-doa kepada Allah SWT. Perbanyak berdoa bisa dijadikan sebagai amalan yang mudah dilakukan oleh perempuan yang sedang haid di bulan Ramadhan.

Sebagaimana yang dikutip dari NU Online, berdoa bisa dilafalkan dengan bahasa apa saja, tak mengenal waktu dan oleh siapa itu. Sebab berdoa mengandung ikhtiar untuk mendekatkan diri kepada Allah dan bermunajat.

5. Mencari Ilmu

Beribadah tidak terpaku pada salat dan puasa, mencari ilmu pun termasuk ke dalam ibadah sebagai suatu bentuk ketakwaan kepada Allah SWT, bahkan setara dengan jihad.

Mencari ilmu dalam Islam sendiri hukumnya adalah wajib karena bisa memberikan manfaat baik bagi diri sendiri serta orang lain.

“Belajarlah ilmu, sesungguhnya belajar ilmu kerana Allah adalah suatu bentuk ketakwaan. Mencari ilmu adalah ibadah, menelaahnya adalah tasbih, dan mengkajinya adalah jihad.” (HR Ad-Dailami)

6. Melakukan Kegiatan Sosial

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beribadah dalam Islam tidak terpaku yang bersifat ritual seperti salat, mengaji, dzikir, puasa, dan lain sebagainya. Umat Islam pun menganjurkan untuk memperbanyak kegiatan baik yang bersifat sosial.

Misalnya, mengajarkan anak-anak kurang mampu, menyantuni anak yatim, dan membersihkan lingkungan.