Menu

Nggak Usah Bingung! Ini 4 Tips Jitu Supaya Bisa Dekat dengan Calon Mertua

15 Januari 2021 16:50 WIB

Menantu dan Mertua. (Unsplash/Walter Gadea)

HerStory, Bandung —

Beauty, pernah nggak kamu merasa gugup ketika pasangan mengajakmu untuk bertemu orang tuanya? Sebagai orang yang ingin menjalani hubungan serius dengan anaknya, wajar jika kamu merasa bingung harus bersikap seperti apa di hadapan calon mertua.

Bagaimana saya harus bersikap? Bagaimana jika beliau tidak menyukai saya? Topik apa yang harus saya bicarakan nanti? Mungkin itu sebagian hal yang akan memenuhi kepalamu ketika akan berkunjung ke rumah calon mertua.

Tapi tenang saja! HerStory sudah merangkum beberapa sikap yang bisa kamu tunjukkan ketika bertemu calon mertua. Dialnsir dari berbagai sumber (15/01/2021), berikut adalah informasi selengkapnya. Yuk baca supaya nggak canggung nantinya!

1. Tanyakan kisah pasangan semasa kecil

Mengetahui hal-hal kecil tentang pasangan tentu menyenangkan. Apalagi hal tersebut datang dari mulut orang yang seumur hidupnya membesarkan si dia dengan kasih sayang.

Tanyakanlah apa kelakuan pasangan di masa kecil yang tidak berubah hingga sekarang, pengalaman memalukan dirinya, atau hal-hal lucu yang lainnya. Pertanyaan-pertanyaan tentang pengalaman pasangan menunjukkan bahwa kamu memang tertarik, perhatian, dan tentu mencintainya.

2. Mintalah nasihat

Hampir semua orang akan sangat senang jika ada seseorang yang minta nasihat padanya. Sebab, mereka merasa bahwa pendapat mereka berharga. Maka mintalah nasihat tentang topik-topik atau permasalahan yang kerap kamu alami.

Tapi jangan juga terlalu sering minta nasihat, ya! Kalau terlalu sering, malah menimbulkan persepsi negatif di benak calon mertua, yang bisa jadi berpeluang menyebabkan masalah baru. Mintalah nasihat secukupnya. Lakukan ini untuk menunjukkan rasa hormat terhadap pengetahuan dan kecerdasan calon mertua.

3. Ajarilah sesuatu yang berguna

Tunjukkan pada keluarga pasanganmu bagaimana melakukan sesuatu yang menjadi kelebihan yang kamu miliki, misalnya menunjukkan kepiawaianmu mengolah bahan makanan. Tujuan melakukan hal ini adalah membuat kamu menjadi bagian penting yang bisa mengisi kekurangan di keluarga mereka.

4. Tunjukkan minat terhadap kehidupan mereka

Ketika kamu bertemu dengan keluarga pasangan, maka tanyakan sejumlah pertanyaan dasar tentang kehidupan mereka, pekerjaan mereka, serta kebiasaan keluarga dan hobi yang sering mereka jalani. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang sangat memperhatikan orang lain.

Artikel Pilihan