Menu

Terapkan dari Sekarang! Ustaz Adi Hidayat Beberkan Tips Agar Puasa Diterima, Cuss Catat Amalannya!

06 April 2023 18:35 WIB

Ilustrasi puasa (Pexels/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Untuk umat Muslim, tentu saja bulan Ramadan adalah saat yang sangat ditunggu-tunggu. Pasalnya, di bulan suci dan penuh berkah ini, Allah SWT mewajibkan seluruh umatnya untuk berpuasa.

Kendatipun begitu, kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan juga dipenuhi dengan ketentuan yang harus dilalui oleh penganutnya.

Untuk itu, kaum muslimin perlu memperhatikan perbuatannya selama berpuasa. Tak sedikit orang yang melalui Ramadhan tetapi beramal dan berperilaku seperti tak berpuasa.

Berkenaan dengan ini, dikutip dari sindikasi konten SuaraSumedang.id dari kanal YouTube Adi Hidayat Official pada Kamis (6/4/2023) Adi Hidayat berikan saran agar ibadah puasa kita diterima oleh Allah.Swt dan kembali fitrah di hari Idul Fitri.

1. Jaga ibadah

Pertama, agar terjaga ibadah puasa kita dalam koridor aturan dan ketentuan puasa yang ditetapkan oleh Allah.SWT dengan meningkatkan kualitas ibadah.

“Mulai untuk membiasakan diri untuk sholat tepat waktu, jika sebelumnya hanya 5 waktu maka laksanakan sholat sunnahnya,” kata Adi Hidayat

Adi Hidayat juga memberikan contoh yang lain dalam meningkatkan ibadah dengan bersedekah kepada sesama.

“Bisa juga kita dengan bersedekah atau menginfakkan sebagian rezeki kepada yang lebih membutuhkan diantara sesama,” lanjut Adi Hidayat

2. Jaga pandangan

Adi Hidayat juga singgung tentang pandangan, sekalipun di media sosial. Menurutnya, konten media sosial tergantung algoritma digital.

“Hati-hati, pandangan juga bisa menggugurkan pahala ibada puasa kita. Memandang sesuatu yang bukan hak nya dan bersifat kotor, kalau misalkan di media sosial itu tergantung algoritma digital, jika kita pernah menyukai konten yang kotor maka yang muncul adalah konten kotor,” jelas Adi Hidayat.

3. Jaga perkataan

Tinggalkan hal-hal yang mendorong kita untuk melakukan perbuatan maksiat yang bisa mengurangi nilai dan pahala puasa.

Seperti mengucapkan kata-kata kotor, kalimat yang mengandung perbuatan erotis dan kata-kata kebun binatang yang tak pantas untuk diucapkan.

4. Jaga Perbuatan

Sebisa mungkin tak melakukan hal yang tak pantas yang justru bisa memancing seseorang berdosa atas perbuatan kita. Misalnya dengan menyebarkan hoax, mencela, dan melakukan sesuatu yang bisa menggiring opini negatif dan lain sebagainya.

5. Jaga Amarah

Jika ada orang yang memancing emosimu, maka katakan bahwa kamu sedang berpuasa dan tak mau tersulut emosi. Serta tanamkan dalam diri sambil berkata "saya sedang puasa jangan dibalas dan semoga Allah mendamaikan hatinya," pungkas  Adi Hidayat.

Wallahu A'lam, demikian yang dijelaskan Adi hidayat dalam ceramahnya melalui kanal YouTube Adi Hidayat Official.