Menu

Bongkar Rencana Besar Ida Dayak Sebenarnya, Ustaz Abdul Somad Disebut Doakan Sang 'Ahli' Tulang Itu Mati Husnul Khotimah! Benarkah?!

09 April 2023 10:20 WIB

Ustaz Abdul Somad. (WartaEkonomi)

HerStory, Bogor —

Masyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan munculnya pengobatan tulang oleh sosok wanita yang berasal dari suku Dayak yang dikenal dengan nama Ida Dayak.

Pengobatan yang dilakukan Ida Dayak disebut ampuh menyembuhkan tulang yang patah maupun bengkok.

Sebab viralnya kabar tersebut, hingga saat ini banyak beredar video yang membahas terkait pengobatan alternatif Ida Dayak. Mulai dari video fakta hingga hoaks.

Kabar terbaru beredar bahwa Ustaz Abdul Somad membongkar rencana besar dari Ida Dayak. Informasi ini beredar dari video yang diunggah di kanal YouTube Awwey Channel.

"Terbongkar | Rencana Besar Ibu Ida Dayak Sebenarnya? Rencana Besar Ibu Dayak Ahli Tulang," tulis video tersebut.

Sampul video memperlihatkan foto Ustaz Abdul Somad dan Ida Dayak. 

"Terbongkar Rencana Besar Ibu Dayak Sebenarnya Ustadz Abdul Somad Tegaskan Hal ini," tulis pengunggah video itu. 

Video yang diunggah pada Selasa (4/4/2023) itu sudah ditonton sebanyak 189 ribu penonton dan mendapatkan likes sebanyak 1,6 ribu hingga artikel ini ditayangkan.

Namun, setelah tim HerStory menyaksikan video berdurasi 8 menit 30 detik itu, terdapat ketidaksesuaian antara judul, sampul, dan isi video. Faktanya, video itu hanya menjelaskan awal mula Ida Dayak melakukan pengobatan kepada para pasiennya.

Selain itu, juga ditayangkan cuplikan ceramah Ustaz Abdul Somad yang diklaim membahas Ida Dayak. Padahal, ceramah itu bukan ditujukan untuk Ida Dayak.

Dari kumpulan informasi di atas, bisa disimpulkan bahwa video tersebut hoaks.

Artikel Pilihan