Menu

Presiden Jokowi Beri Penghargaan ke Ida Dayak, Benarkah?!

09 April 2023 11:00 WIB

Kolase foto Ida Dayak. (Instagram/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Nama Ida Dayak akhir-akhir ini menjadi populer lantaran dirinya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya meluruskan kembali tulang yang patah atau bengkok.

Tak heran jika jagat maya diramaikan dengan berbagai informasi seputar Ida Dayak. Bahkan, beredar kabar bahwa Ida Dayak mendapatkan penghargaan dari Presiden Jokowi karena telah menyembuhkan masyarakatnya.

Di media sosial, ditampilkan gambar Presiden Jokowi memberikan penghargaan ke dukun asal Dayak, Ibu Ida Dayak.

Namun, setelah ditelusuri oleh tim HerStory, video yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi memberikan penghargaan kepada Ida Dayak adalah hoaks. Diketahui, video tersebut telah mengalami proses manipulasi.

Dilansir dari laporan situs hoaks Kominfo, salah satu potongan video tersebut merupakan video saat Presiden Jokowi menerima penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) pada Agustus 2022 lalu.

Foto identik dengan potongan video itu dimuat di artikel berita antaranews berjudul "Indonesia terima penghargaan IRRI atas capaian swasembada beras" yang diunggah pada 14 Agustus 2022.

Saat itu Indonesia menerima penghargaan dari IRRI atas keberhasilannya yang dinilai mencapai swasembada beras dan meningkatkan sistem ketahanan pangan dengan baik.

Share Artikel:

Oleh: Clara Aprilia