Menu

5 Tipe Ibu Mertua yang Harus Moms Ketahui! Mertuamu Termasuk yang Mana?

16 Januari 2021 10:10 WIB

Ilustrasi mertua galak. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, kita hidup berdampingan dengan berbagai watak dan karakter manusia, begitu juga mertua kita. Sebelum suudzon dengan segala sikap dan perkataan mertua, alangkah baiknya Moms mengenal tipe dan karakter mertua terlebih dahulu supaya enggak salah duga.

Di dunia ini, ternyata ada beberapa tipe mertua yang harus kamu ketahui lho, Moms. Melansir dari berbagai sumber, Sabtu (16/01/2021), berikut ulasannya:

Tipe Otoriter

Tipe mertua ini ingin semua orang bertindak sesuai perintahnya tanpa mempertimbangkan perasaan/keinginan anggota keluarga lainnya. Mereka enggan dibantah oleh orang lain. Jika tipe mertuamu seperti ini, artinya sikap beliau bukan hanya ditunjukan kepadamu sebagai menantu saja, melainkan kepada seluruh anggota keluarga.

Tipe Moderat

Tipe ibu mertua yang open minded (berpikiran terbuka) dan juga berkomunikasi dengan baik. Mertua seperti ini juga berusaha untuk menghargai keluarga kecilmu. Enggak suka berkomentar dan sangat berhati-hati saat memberi masukan.

Tipe Merasa Berhak

Tipe seperti ini sulit untuk menerima batasan dan kemandirian anak dan menantu untuk membangun sistem keluarga. Ia merasa anaknya yang menjadi pasangan kamu, serta cucunya yang kamu besarkan masih menjadi tanggung jawabnya juga.

Tipe Pencemas

Ibu mertua yang memiliki rasa cemas dan khawatir yang berlebihan, sehingga tak memberikan kesempatan untuk anak dan menantunya belajar hal baru. Melihat segala sesuatunya dari sisi yang negatif/cenderung pesimis.

Tipe Cuek Bebek

Tipe ibu mertua yang enggak ingin terlibat dalam segala hal, termasuk keenggannnya ikut direpotkan saat dititipkan si kecil. Tipe seperti ini melihat pernikahan anak sebagai “jalan keluar” dan selesainya semua kewajiban sebagai orang tua.