Menu

Demi Jaga Kesucian, Apakah Percikan Air dari Jalanan Bisa Membuat Pakaian Jadi Najis? Begini Kata Ustaz Abdul Somad!

10 April 2023 04:50 WIB

Ustaz Abdul Somad. (WartaEkonomi)

HerStory, Jakarta —

Cuplikan ceramah Ustadz Abdul Somad yang diunggah dalam TikTok @amal.jariyahh kini menjawab soal pakaian yang terkena percikan air di jalanan. Apakah itu termasuk salah satu najis?

Salah satu jamaah Ustaz Abdul Somad yang menanyakan tentang kesucian pakaian bila terkena air genangan di jalan dan bolehkan menggunakannya untuk sholat.

“Bolehkan pakaian kita yang sudah kena percikan air di jalan raya tergenang di pinggir jalan setelah hari hujan dipakai untuk sholat ? masih suci tak pak ustaz ?,” kata Ustadz Abdul Somad dikutip pada Senin (10/4/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Abdul Somad pun menjelaskan hukum pakaian tersebut saat digunakan beribadah. Ia mengatakan bahwa pakaian yang terkena percikan air genangan tersebut akan menimbulkan keraguan dalam dirinya sehingga membuat ibadahnya tak khusyu'. 

“Air dipinggir jalan itu tidak najis tapi bisa jadi menjadi najis mana tau ada kencing kucing, kencing anjing tapi kemudian air itu banyak karna hujan, kata hadist Nabi, tinggalkan sesuatu yang meragukanmu kepada yang tak meragukanmu,” ungkap Ustadz Abdul Somad.

“Tinggalkan yang meragukanmu maka saya bangga penjual bakso keliling, penjual es krim, adzan berkumandang berhenti dia dimasjid buka jok motornya ada kain sarung pergi dia menganti kain sarung, menghilangkan ragu,” pungkas Ustaz Abdul Somad.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan