Menu

Lebaran Makin Nyaman, Ini 4 Tips Belanja Hemat dan Cerdas Menuju Hari Raya! Wajib Catat, Kuncinya Cuma Ini!

10 April 2023 02:15 WIB

Ilustrasi seorang wanita memperhatikan tanggak kedaluwarsa serta label gizi saat berbelanja bahan makanan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Biasanya menuju Lebaran, selain berkumpul dengan keluarga banyak pula orang yang berbelanja kebutuhan rumah dan barang baru atau menghabiskan THRnya.

Tentu saja di momen ini penjualan bisa naik drastis namun banyak pula barang dna bahan pokok yang berubah menjadi mahal karena banyak peminat.

Namun tenang saja, hal itu ternyata bisa kamu atasi lho Moms! Gak memberatkan beban keuangan rumah tangga, ini tips hemat di Hari Raya yang bisa kamu terapkan. Simak yuk!

1. Buat daftar belanjaan

Sebelum memulai berbelanja, sebaiknya buat daftar belanjaan terlebih dahulu. Dengan membuat daftar belanjaan, kamu dapat lebih fokus pada barang yang memang dibutuhkan dan menghindari pembelian yang tak perlu. Buatlah daftar belanjaan yang spesifik, seperti baju Lebaran untuk anak-anak atau bahan makanan untuk buka puasa.

Dengan membuat daftar belanjaan, kamu juga bisa menghindari terjadinya pembelian yang berlebihan. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih hemat dalam pengeluaran dan memastikan bahwa uang yang kamu keluarkan digunakan untuk kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan.

2. Cari diskon dan promo

Di Hari Raya Lebaran, banyak toko yang menawarkan diskon dan promo. Sebaiknya cari informasi tentang diskon dan promo tersebut sebelum berbelanja ya Moms. Dengan mencari diskon dan promo, kamu bisa membeli barang dengan harga yang lebih murah.

Jangan malu untuk bertanya kepada penjual atau mencari informasi diskon dan promo melalui media sosial atau website resmi toko. Dengan melakukan ini, kamu dapat memanfaatkan kesempatan untuk membeli barang dengan harga yang lebih murah dan lebih hemat dalam pengeluaran.

3. Pilih barang dengan kualitas yang Baik

Meskipun ingin berbelanja dengan harga yang murah, namun sebaiknya jangan sampai membeli barang yang kualitasnya buruk. Memilih barang dengan kualitas yang baik akan lebih menguntungkan dalam jangka panjang, karena barang tersebut akan lebih awet dan tak cepat rusak lho Moms!

Baca review dari konsumen lain yang telah membeli barang tersebut. Review konsumen bisa memberikan gambaran tentang pengalaman mereka dalam menggunakan barang tersebut. kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut, sehingga kamu bisa memutuskan apakah barang tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu. Namun, pastikan untuk membaca review dari sumber yang terpercaya.

4. Hindari menggunakan Kartu Kredit/Paylater

Ketika menggunakan kartu kredit atau paylater untuk membeli barang-barang Lebaran, kamu cenderung membeli barang lebih banyak dari yang seharusnya. Ini dapat menyebabkan hutang yang semakin meningkat karena bunga yang harus dibayar juga akan semakin besar. Selain itu, ketika hutang semakin besar, kamu akan sulit untuk membayar tagihan kartu kredit atau paylater, sehingga kamu akan semakin terjebak dalam siklus hutang.

Selain itu, menggunakan kartu kredit atau paylater juga meningkatkan risiko identitas dan keamanan. Data pribadi kamu, seperti nomor kartu kredit, alamat, dan nomor telepon, dapat disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. 

Dengan mengikuti kedua tips di atas, kamu bisa berbelanja dengan lebih hemat dan cerdas di Hari Raya Lebaran. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki sebelum memutuskan untuk membeli barang apa pun. Selamat berbelanja Moms!