Menu

Selamat Jalan Farida Pasha, Inilah Perjalanan Karier Sang Legenda di Dunia Perfilman Horror Indonesia

18 Januari 2021 08:55 WIB

Farida Pasha (Instagram/ifyalyssa)

HerStory, Jakarta —

Dunia hiburan Tanah Air sedang berduka atas meninggalnya aktris senior, Farida Pasha pada hari Sabtu (16/01/21). Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, Farida Pasha dikabarkan positf Corona dan menutup usia di 68 tahun.

Karier Farida Pasha dimulai sejak tahun 1997. Ia dikenal sebagai pemain film genre horror. Film pertamanya adalah 'Guna-Guna Istri Muda' yang saat itu meledak di bioskop nasional. Film garapan B.Z Kadaryono naik daun sampai dibuatkan sequel keduanya dengan judul 'Pembalasan Guna-Guna Istri Muda' yang rilis pada tahun 1978. Tentu, Farida Pasha masih bermain di film tersebut.

Farida Pasha kerap kali mendapatkan peran utama di film horror dan enggak jarang juga rela didandani sebagai sosok yang seram demi totalitas akting. Salah satu perannya yang diingat oleh masyarakat luas adalah ketika ia memerankan Mak Lampir dalam film dan sinetron kolosal 'Misteri Gunung Merapi' di penghujung tahun 90an.

Enggak berhenti sampai di situ, memasuki tahun 2000an, nenek dari penyanyi Ify Alyssa ini juga masih aktif bermain dalam beberapa film, seperti, '40 Hari Bangkitnya Pocong' (2008), 'Mama Minta Pulsa' (2012), 'The Secret: Suster Ngesot Urban Legend' (2018).

Talentanya dalam dunia peran ternyata menurun kepada cucunya. Bakat Ify Alyssa di dunia tarik suara dan peran sudah terlihat dari saat ia masih anak-anak. Meski agak berbeda karena Ify memulai kariernya di dunia tarik suara, namun ia juga melebarkan sayap ke dunia peran seperti neneknya, hanya saja Ify sampai saat ini belum memainkan film atau sinetron horror.

Artikel Pilihan