Menu

Ingin Punya Anak Laki-laki? Ini Tuntunan Islam yang Bisa Dilakukan, Ikhtiar Yuk Moms!

12 April 2023 13:52 WIB

Ilustrasi bayi tertidur. (Pixabay/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Keturunan merupakan salah satu anugerah dari Allah SWT. Baik anak laki-laki maupun perempuan sama-sama titipan Allah SWT yang harus dididik dan dibesarkan sepenuh hati.

Kendati demikian, sebagian pasangan mungkin menginginkan kelahiran anak dengan jenis kelamin spesifik, salah satunya laki-laki. Tentunya, jika menginginkan sesuatu dari Allah SWT, setiap umat harus berikhtiar dengan sungguh-sungguh. 

Sejatinya, Islam tak melarang pasangan suami istri meminta dikaruniai anak laki-laki. Namun, menurut Imam Al-Ghazali, umat Muslim tak boleh beropsesi punya anak laki-laki lalu meyampingkan nikmat Allah berupa anak perempuan. 

Mengutip dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Rabu (12/4/2023), pasangan suami-istri jika ingin punya anak laki-laki, bisa berusaha atau ikhtiar dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut ini. 

1. Berdoa

Melalui doa, umat Muslim memohon kepada Allah agar berkenan menciptakan bayi laki-laki dari rahim istri. Allah SWT berfirman: 

وَقَالَرَبُّكُمُادْعُونِيأَسْتَجِبْلَكُمْ ۚ

“Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu.” (Al-Quran surat Al-Mu’min).

Selain itu, Syekh Muhammad at-Tahami Ibnu Madani, dalam kitab Qurrotul ‘Uyun, menjelaskan:

مَنْاَرَادَاَنْيُوْلَدُلَهُذَكَرٌفَلْيُسَمِّحَمْلَامْرَأَتِهِبِاسْمِمُحَمَّدِصَلَّىاللّٰهُعَلَيْهِوَسَلَّمْ

“Barangsiapa menginginkan untuk anak laki-laki, maka memberi nama ketika istrinya hamil, dengan nama Muhammad Shollallahu ‘alaihi wasallam.”

2. Mengatur Pola Hubungan Intim

Gak cuma berdoa, ikhtiar lainnya juga perlu dilakukan jika menginginkan anak laki-laki. Dalam kitab Qurrotul ‘Uyun juga dijelaskan:

وَاِذَااَرَادَتَكْوِيْنَالْوَلَدِذَكَرًافَلْيَأْمُرْهَابِالنَّوْمِعَلَىشِقِّهَاالْاَيْمَنِعِنْدَفَرَاغِهِوَالْاُنْثَىبِلْعَكْسِ

“Jika suami ingin memiliki anak laki-laki, hendaknya ia meminta istrinya agar tidur miring ke kanan setelah selesai bersetubuh. Jika ingin anak perempuan, hendaklah miring ke kiri.”

3. Mengikuti Anjuran Medis

Usaha lainnya untuk mendapatkan anak laki-laki adalah dengan menggunakan teori-teori medis. Salah satunya mengonsumsi makanan mengandung sodium dan potassium seperti pisang dan stroberi, atau memperbanyak asupan daging.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani

Artikel Pilihan