Menu

Jangan Sampai Kalap! Ini 3 Tips Sehat Santap Makanan saat Lebaran, yang Penting Perbanyak Air Putih Ya!

13 April 2023 01:15 WIB

Sayut Ketupat (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Usai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, biasanya momen yang juga sangat ditunggu-tunggu adalah Hari Raya Lebaran. Di waktu ini, para keluarga akan berkumpul bersama dan berbagi bermacam-macam hidangan makanan. 

Tentu saja, ini membuat nafsu makan bertambah dan bahkan bisa merusak rencana diet beberapa orang lho Beauty! Ada hidangan hidangan khas lebaran yang biasa ditemui di Indonesia seperti opor ayam, gulai, rendang, dan berbagai macam makanan lainnya tentu saja sangat menggugah selera.

Apabila diperhatikan, hidangan khas lebaran tersebut justru bisa memicu berbagai penyakit karena memiliki kadar lemak dan kolesterol yang tinggi ya Beauty. Jika tak berhati-hati dalam mengonsumsinya, hidangan tersebut bisa saja menimbulkan berbagai masalah kesehatan setelah mengonsumsinya. Berikut ini beberapa tips agar tubuh tetap sehat menikmati hidangan lebaran yang bisa kamu coba. Simak baik-baik, ya.

1. Jangan Makan Berlebihan

Mengonsumsi hidangan lebaran yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan posri makan untuk menghindari makan berlebihan. Misalnya dengan membatasi jumlah makanan manis karena bisa memicu penyakit diabetes. Selain itu, makan secara berlebihan juga bisa menimbulkan kenaikan berat badan atau obesitas.

2. Jangan Lupakan Buah dan Sayur

Berbicara soal makanan sehat tentu tak lepas dari yang namanya buah dan sayur. Mengonsumsi buah dan sayur bermanfaat untuk menyeimbangkan makanan kamu konsumsi. Buah dan sayur mengandung serat yang akan membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah dan sayur juga bermanfaat mengurangi penumpukan lemak dalam pembuluh darah yang bisa mengakibatkan penyakit serius.

3. Cukupi Kebutuhan Air Minum

Selain mencegah dehidrasi, air minum juga berfungsi sebagai detoksifikasi zat berbahaya yang ada di dalam tubuh. Secara tak sadar, ada beberapa zat berbahaya yang bisa masuk ke tubuh melalui makanan yang kita makan.

Salah satu tips sehat mengonsumsi hidangan lebaran adalah dengan minum air putih dengan cukup. Hindari minuman yang mengandung soda karena akan meningkatkan kadar gula yang masuk dalam tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis akan meningkatkan risiko penyakit diabetes.

Nah, itu dia 3 tips sehat menikmati hidangan lebaran yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat ya Beauty!

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan