Menu

Malam Lailatul Qadar Identik dengan Itikaf di Masjid, Ustaz Adi Hidayat Sebut Itu Gak Ada Hubungannya! Kenapa?

13 April 2023 01:55 WIB

Ilustrasi malam Lailatul Qadr. (Getty Images/iStockphoto/Zeferli)

HerStory, Jakarta —

Setiap bulan Ramadan, banyak sekali umat islam menunggu datangnya malam Lailatul Qadar atau yang juga dikenal dengan malam seribu bulan.

Namun, untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar apakah harus dilakukan dengan itikaf di Masjid atau berdiam diri di Masjid? Ustadz Adi Hidayat memberi penjelasan terkait hal tersebut.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @pengingat.untukmu._, Ustadz Adi Hidayat menyebut cara mendapatkan kemuliaan malam Lailatul Qadar tak harus ke masjid lho Moms.

Ustadz Adi Hidayat memastikan syarat meraih malam Lailatul Qadar itu tak terikat dengan masjid melainkan terkait amalan yang dikerjakan pada malam tersebut.

"Lailatul Qadar itu syarat meraihnya tidak terikat dengan masjid tapi terikat dengan amalan yang dikerjakan di malam itu," kata Ustadz Adi Hidayat.

"Dalam kondisi normal pun kalau anda ke masjid terus malamnya gak bangun cuma tidur ya gak dapet juga, jelas ya," imbuhnya.

Tujuan ke masjid adalah supaya saat melakukan ibadah bisa lebih fokus dan maksimal namun tetap tak menjadi hal wajib agar bisa meraih malam Lailatul Qadar.

"Jadi kita ke masjid itu untuk mengkondisikan supaya lebih fokus, supaya bisa maksimal termotivasi untuk ibadah karena mungkin dalam kondisi ada di rumah yang dilihat mungkin TV, bacaan, internet tapi ketika orang ke masjid kondisinya lebih difokuskan untuk bisa ibadah dengan maksimal," ungkapnya kembali.

"Esensi malam al qadar itu lebih kepada bagaimana menghidupkan malam dengan amalan sekalipun bila tak mampu dikerjakan di masjid," pungkas Ustaz Adi.

Artikel Pilihan