Acara peluncuran logo baru sekaligus buka puasa bersama media dengan manajemen ruparupa di Living World Alam Sutera, Tangerang Selatan, Rabu (12/4/2023). (Riana/HerStory)
Beauty pencinta belanja online sudah pernah belanja di ruparupa.com? Jika kamu sedang mencari produk furnitur rumah tangga dengan harga miring, ruparupa.com adalah solusinya.
ruparupa sendiri adalah tempat belanja online yang memberikan kemudahan berbelanja kebutuhan rumah dan keluarga, Beauty.
Punya berbagai pilihan produk yang sudah terjamin kualitasnya dan harga yang terjangkau, ruparupa juga merupakan tempat belanja online atau e-commerce resmi untuk produk Kawan Lama Group. Seperti, Krisbow, ACE, INFORMA, INFORMA Electronics, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Selma, Krisbow, Ataru, dan sebagainya.
Dan kini, setelah 7 tahun hadir di Indonesia, ruparupa pun secara resmi memperkenalkan “wajah” barunya kepada khalayak pada momen buka bersama media di Living World Alam Sutera, Rabu (12/4/2023), Beauty.
Logo baru dari ruparupa tersebut mempertegas komitmen ruparupa sebagai solusi omnichannel terpercaya dengan kelengkapan ekosistem serta layanan untuk pengalaman berbelanja yang didambakan pelanggan.
Chief Executive Officer ruparupa, Teresa Wibowo, menuturkan, “wajah baru” ruparupa ini merepresentasikan harapan pihaknya untuk menjadi brand of choice yang selalu hadir di setiap momen keluarga Indonesia.
“Pada kesempatan yang istimewa ini, saya memperkenalkan “wajah baru” ruparupa kepada rekan media sekalian, yang merepresentasikan harapan kami untuk menjadi brand of choice yang selalu hadir di setiap momen keluarga Indonesia. Dengan ekosistem toko offline Kawan Lama Group yang luas, portofolio produk, pelayanan profesional, dan juga inovasi teknologi, ruparupa menggabungkan ragam pengalaman jadi satu untuk kenyamanan dan kepraktisan berbelanja,” tutur Teresa, saat ditemui di Living World Mall, Serpong, Tangerang, Rabu (12/4/2023).
Teresa melanjutkan, konsep omnichannel sendiri saat ini kian menjadi tren yang diadopsi oleh berbagai bisnis, terlebih bagi bisnis yang mengusung model B2C (Business-to-Customer).
Menurut data dari studi yang dilakukan Mood Media, perusahaan media experiential terkemuka di dunia, dengan Miya Knights, seorang pakar retail global, di 2022, tiga alasan utama dari kembalinya kiblat kebiasaan belanja konsumen ke toko fisik adalah dapat memperoleh barang secara langsung, dapat menyentuh barang terlebih dahulu, serta mendapatkan pengalaman berbelanja menyenangkan bersama teman ataupun keluarga.
Lebih lanjut, studi yang sama juga menyatakan bahwa 56% konsumen cenderung memilih untuk datang ke toko yang memiliki inovasi teknologi untuk kenyamanan berbelanja, seperti penerapan Augmented Reality (AR) digital self-service, dan checkout melalui aplikasi.
“Temuan-temuan tersebut menjelaskan mengapa konsep omnichannel, yang mengintegrasikan keunggulan berbelanja secara online dan offline, menjadi tren bisnis yang kian diadopsi,” paparnya.
Di kesempatan yang sama, Budiono Darmawan, Chief Marketing Officer ruparupa, menuturkan, sejak berdiri tahun 2016, ruparupa telah melihat konsep omnichannel sebagai masa depan dunia retail.
Kini, dimana banyak bisnis baru memulai transformasinya menuju omnichannel, ruparupa telah memiliki semua yang diperlukan, baik dari segi sumber daya, expertise, dan inovasi teknologi untuk mengoptimalkan konsep tersebut.
“Kami juga senantiasa mengembangkan layanan kami dengan tren terkini yang dapat menjawab permintaan pelanggan di masa kini,” ujar Budi.
Dikatakan Budi, dengan mengusung konsep omnichannel yang menggabungkan pengalaman belanja online yang terhubung dengan jaringan toko offline ritel Kawan Lama Group (ACE, INFORMA, Toys Kingdom dan lainnya), ruparupa memastikan pengalaman berbelanja yang praktis dan menyenangkan melalui fasilitas “Ambil di Toko” dimana pelanggan yang berbelanja di website atau aplikasi seluler dapat mengambil produk yang dibeli di toko kapan saja.
“Fasilitas ini membuat pelanggan yang berbelanja di website atau aplikasi seluler dapat mengambil produk yang dibeli di toko kapan saja,” ujarnya.
Dibanding dengan kelebihannya, omnichannel yang ditawarkan tetap akan memberikan jauh lebih besar kenyamanan orang berbelanja karena ada garansi 14 hari penukaran maupun penggantian untuk produk-produk tertentu. Menariknya salah satu inovasi lain yang dihadirkan seperti fitur Scan and Shop, juga akan memberikan pengalaman lebih saat bertransaksi ke toko dan memakai aplikasi.
"Belanjaannya melalui aplikasi hanya dengan scan barcode produk yang diinginkan," imbuhnya.
Dikatakan Budi juga, terkhusus untuk produk ACE, pelanggan juga bisa mengecek proses servis untuk memantau status servis di mana saja sekaligus mendapatkan informasi terkait biayanya. Ada pula fitur e-warranty dimana pelanggan dapat mengaktifkan garansi produk secara langsung dari aplikasi.
"Untuk produk dari INFORMA, tersedia juga fitur live tracking yang memungkinkan pelanggan untuk melihat posisi pengiriman barangsecara aktual," bebernya.
Lebih lanjut, Budi pun menuturkan, untuk kenyamanan bertransaksi, ruparupa juga memberikan fasilitas cicilan 0% tanpa biaya admin, gratis ongkos kirim dengan minimum perbelanjaan sebesar seratus ribu Rupiah ke seluruh Indonesia, dan garansi selama 14 hari untuk produk-produk tertentu.
Fyi Beauty, Kawan Lama Group merupakan kelompok unit bisnis multisektor yang bergerak di enam pilar bisnis yakni Industrial & Commercial, Consumer Retail, Food and Beverage, Property dan Hospitality hingga Manufacturing.
Hingga saat ini Kawasan Lama Group telah menaungi lebih dari 30 merek usaha, 11 pusat distribusi dan lebih dari 1.000 toko yang terus bertambah setiap tahunnya.
Beberapa merek usaha yang dikembangkan di antaranya ACE, Informa, Chatime, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Home Galleria, Selma, Ataru. Sementara dari F&B ada merek Chatime, Cupbop, Gindaco, Go! Go! Curry dan lain sebagainya. Sementara, dari sektor properti, Kawan Lama Group mengelola Living World, Living Plaza, dan Anumana.