Menu

4 Ide Olahan Ikan Laut, Bantu Optimalkan Kesehatan Selama Bulan Puasa, Mau Coba Bikin Moms?

14 April 2023 13:45 WIB

Gulai ikan kakap (Instagram/@deasylo)

HerStory, Jakarta —

Moms, berpuasa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sehingga, makanan yang disajikan harus bernutrisi agar badan tetap kuat dan sehat selama berpuasa. Konsumsi ikan laut kaya rempah dapat menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat.

Ikan laut mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti asam lemak esensial omega 3 dan omega 6, vitamin D, protein khususnya bioaktif peptida, hingga asam amino antara lain asam amino glutamat dan asam amino glutamin.

Secara alami, asam glutamat ditemukan dalam 10-25i semua protein dalam makanan. Monosodium glutamat alami bisa ditemukan hampir di beberapa bahan dasar makanan.

Terutama makanan berprotein tinggi seperti keju, daging, ikan, seafood bahkan jamur dan beberapa sayuran seperti tomat dan rumput laut.

“Glutamat dan Glutamin ibarat saudara karena dalam tubuh Glutamat langsung dapat diubah menjadi Glutamin dan asam amino lainnya yang dibutuhkan. Selain itu sebagai asam Glutamat jumlahnya dominan yaitu lebih dari 60 am tubuh manusia dan juga di dalam otak manusia," ungkap Endang S. Sunaryo, Pengamat Gizi dan Pangan.

Ikan laut juga berperan penting menjaga stamina dan kesehatan jantung lewat kandungan gabungan mineral Seng (Zn) dan Selenium (Se) dengan vitamin A, C, dan E yang dikenal sebagai sistem antioksidan sinergis.

Nutrisi bioaktif peptida yang terkandung pada ikan laut di antaranya adalah Inosinat Mono Posfat (IMP) dan Guanilat Mono Posfat (GMP) yang membuat ikan laut terasa gurih dan menggugah selera.

Bila dipadukan dengan bumbu rempah-rempah, tentu akan semakin bermanfaat bagi kesehatan. Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan kayu manis terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan.

Rempah-rempah mengandung sekumpulan zat gizi fitokimia seperti antioksidan, oleoresin, minyak esensial (atsiri), vitamin, dan mineral yang bermanfaat sebagai antiperadangan, antiseptik, maupun antimikroba, mencegah penuaan sel, memberi rasa hangat tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan utamanya melawan virus dan bakteri.

Agar mudah dalam penyajiannya, ikan laut dalam dapat disiapkan menjadi kaldu dan pekatan ikan kaya rempah. Kedua jenis produk ini mudah ditambahkan langsung dalam kuliner sup atau menu harian lainnya.

Moms, berikut beberapa inspirasi menu ikan laut yang kaya rempah untuk menu sahur dan buka puasa, yuk simak!

1. Sup ikan laut

Sup ikan menjadi salah satu menu puasa yang mudah dibuat. Moms dapat menggunakan berbagai jenis ikan laut seperti salmon, kakap, tenggiri, tuna atau kerapu.

Tambahkan beberapa sayuran seperti wortel, kentang, bawang putih, bawang bombay, dan tambahkan rempah-rempah untuk menambah aroma dan cita rasa yang lezat sup ikan laut.

2. Gulai ikan

Menu tradisional ini terkenal dengan rasa rempah- rempahnya yang kaya dan lezat. Gulai ikan biasanya dibuat dengan menggunakan ikan jenis kakap, tongkol, atau tuna yang dimasak dengan santan, rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, jahe, lengkuas, dan daun jeruk.

3. Ikan pepes

Ikan pepes dibuat dengan cara dibungkus dalam daun pisang lalu dipanggang. Biasanya dibuat dengan menggunakan ikan yang dicampur bumbu rempah seperti bawang putih, bawang merah, cabai, daun jeruk, dan serai.

Meski sederhana, menu ini lezat dan nutrisi yang terkandung dapat membantu mengoptimalkan kesehatan selama bulan puasa. Bahannya bisa menggunakan ikan air tawar seperti ikan mas, gurame atau ikan nila.

4. Pindang ikan

Menu ikan laut khas dari Sumatera Selatan khususnya Palembang ini dibuat menggunakan ikan jenis tongkol atau patin yang dimasak bersama bumbu rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, daun jeruk dan daun salam.

Bunga kecombrang atau honje membuat rasa pindang ikan ini asam manis yang khas. Penggunaan bahan tambahan monosodium glutamat (MSG) dalam hidangan ikan laut dapat meningkatkan cita rasa makanan dan membuat makanan terasa lebih lezat.

Serta menurunkan jumlah garam sampai 30% yang baik untuk lansia. Rasa umami yang dihasilkan oleh MSG dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Namun, disarankan untuk mengonsumsi MSG dalam jumlah yang tepat dan batas aman ya, Moms.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan