Anita Ekasari, selaku Digital Banking Acquisition, Service and Marketing Head Bank BTPN (Dok. Istimewa/Edited by HerStory)
Memasuki minggu terakhir Ramadan, rupanya masyarakat digital savvy sudah membentuk perilaku terkait pengelolaan ekonomi menjelang Idulfitri 2023. Rupanya perilaku ini terbententuk sejak pandemi dan tetap terjaga hingga sekarang, lho.
Hal ini terbukti dari hasil survei dalam studi bertajuk’ Jenius Study: Perilaku Masyarakat Digital Savvy Menjelang Idulfitri 2023’ yang dilakukan oleh Jenius dari BTPN. Studi ini merupakan bagian dari program Langkah Kecil di Ramadan Bersama Jenius.
“Kita telah melewati momen Ramadan dan Idulfitri dengan berbagai macam cara, mulai dari merayakan di rumah saja karena situasi pandemi, hingga kini situasinya yang telah berangsur normal,” kata Anita Ekasari, selaku Digital Banking Acquisition, Service and Marketing Head Bank BTPN, dalam keterangan pers yang diterima oleh HerStory.
Meskipun pandemi sudah berangsur membaik, ternyata kebiasaan-kebiasaan finansial baik masih dibawa hingga saat ini. Banyak anggota masyarakat yang mulai menyisihkan tunjangan hari raya (THR) yang mereka terima untuk menabung bahkan berinvestasi.
“Oleh sebab itu, Jenius menghadirkan program Langkah Kecil di Ramadan Bersama Jenius untuk mengajak masyarakat digital savvy melangkah di semarak Ramadan ditemani Jenius melalui fitur dan penawaran menarik lainnya,” kata Anita.
Berdasarkan studi yang melibatkan 127 responden dalam rentang usia 18-4- tahun tersebut, diketahui bahwa ada 3 karakter para digital savvy dalam mengelola THR.
Dari survei yang dilangsungkan sejak Maret-April 2023 itu, diketahui bahwa sebanyak 76% persen responden menerima THR, gak hanya karyawan tetapi juga wirausahawan, freelancer, hingga YouTuber.
Nah, kira-kira bagaimana saja karakter yang terbentuk di kalangan digila savvy? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
Sebanyak 41% responden memiliki karakter sebagai The Saver atau kelompok yang mengalokasikan THR untuk tabungan. Sekitar 30% karakter The Saver mengalokasikan dana THR mereka untuk dana darurat, namun 20i mereka mengalokasikannya untuk liburan.
Sebanyak 40% responden digolongkan sebagai The Spender yang mana mereka mengalokasikan dana THR untuk langsung dibelanjakan. Mereka mengalokasikan 67% THR untuk belanja kebutuhan Idulfitri.
Nmaun, ada hasil yang menarik yang mana sebanyak 28i karakter ini mengalokasikan dana THR mereka untuk melunasi utang agar kondisi finansial mereka lebih optimal.
Nah, terakhir ada karakter The Investor yang mana sebanyak 19% responden mengalokasikan THR untuk berinvestasi. Sebanyak 39% The Investor menggunakan THR untuk dana darurat dan mewujudkan mimpi mereka.
Itu dia 3 karakter digital savvy jelang Idulfitri 2023. Kamu termasuk kelompok yang mana, nih?