Menu

Sering Tunda Buka Puasa? Waspada 3 Penyakit Ini Mengancam Kesehatan Tubuh Lho, Jangan Disepelekan Ya!

17 April 2023 15:05 WIB

Ilustrasi menunggu waktu buka puasa. (pinterest/freepik)

HerStory, Medan —

Umat muslim diajarkan untuk segera berbuka puasa saat waktunya tiba yaitu saat matahari tenggelam atau Magrib tiba. Namun, ternyata masih ada orang yang menunda buka puasa meski adzan Magrib sudah berkumandang.

Puasa pada dasarnya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun, jika kamu membiarkan perut terlalu lama kosong, maka kondisi ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, Beauty.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk melaksanakan puasa sesuai dengan syariat dan waktu yang dianjurkan. Jika melewati waktunya akibat sering menunda waktu berbuka, maka ada beberapa penyakit yang mungkin mengancam.

Kira-kira apa saja risiko penyakit yang mungkin menyerang akibat sering menunda buka puasa? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah HerStory rangkum berikut ini, Beauty!

1. Dehidrasi

Saat berpuasa, tubuh berisiko mengalami dehidrasi akibat kurang cairan selama 12 jam. Oleh karena itu, saat berpuasa kamu harus mampu mengontrol asupan air yang tepat agar hidrasi tubuh tetap terjaga.

Namun, jika kamu sering menunda waktu berbuka, maka sama artinya kamu membiarkan perut lebih lama kosong dan gak cukup asupan cairan dan nutrisi. Oleh karena itu, segeralah minum air setelah mendengar adzan Magrib, ya.

2. Kadar gula darah menurun drastis

Dalam aktivitas sehari hari tubuh  dapat menjaga asupan gula darah antara 70 hingga 110 miligram/dL, namun saat kita berpuasa kadar gula darah akan menurun karena gak ada asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Gula atau glukosa merupakan sumber energi yang diolah oleh tubuh.

Jika kadarnya menurun drastis, maka kamu akan kehilangan energi dan tubuh menjadi lemas. Oleh karena itu, saat waktu berbuka tiba sebaiknya jangan tunda untuk segera mengisi cadangan energi tubuh yaitu lewat makanan, ya.

3. Kram perut

Beauty, berpuasa bukan berarti kamu gak makan atau bahkan makan secara sembarangan, ya. Jika waktu makanmu menjadi berantakan atau bahkan gak makan sama sekali, maka kamu berisiko mengalami Irritable Bowel Syndrome yang mana merupakan kondisi yang menyerang sistem pencernaan.

Adapun gejala dari sindrom ini adalah kram perut, diare, nyeri. Kondisi ini akan sering muncul jika kamu menunda buka puasa, Beauty.

Nah, itu dia beberapa kondisi yang mengancam jika kamu sering menunda buka puasa. Jangan dibiasakan, ya!

Artikel Pilihan