Menu

Beauty Bingung Pilih Model Gamis yang Cocok untuk Lebaran? Ini 6 Tips yang Perlu Diperhatikan, Cusss Kepoin!

17 April 2023 16:14 WIB

Ilustrasi seorang wanita memilih gamis untuk lebaran (Pexels/PNW Production)

HerStory, Rembang —

Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Di momen ini ada beberapa kebiasaan yang umum kita temukan, mulai dari menyiapkan menu makanan yang lezat, kue kering yang renyah, juga tak ketinggalan baju baru.

Nah, untuk para muslimah, pakaian jenis gamis banyak dipilih untuk digunakan menyambut hari Lebaran. Apakah kamu juga termasuk salah satunya?

Baju gamis tidak hanya menawarkan desain yang sopan, namun juga punya banyak pilihan model gamis terbaru serta beragam desain, mulai dari gamis polos yang simple hingga gamis dengan corak yang elegan.

Beauty tinggal pilih yang sesuai dengan selera. Agar Beauty tidak bingung, ini 5 tips memilih baju gamis yang cocok untuk Lebaran. Yuk intip!

1. Pilih Bahan Yang Nyaman

Tips yang pertama adalah memilih bahan gamis yang nyaman dan sesuai dengan keinginan Beauty. Kamu bisa memilih gamis yang dibuat dari bahan linen, katun, atau katun rayon.

Bahan tersebut memiliki karakteristik yang nyaman dan adem saat digunakan, namun perlu diperhatikan jika beberapa jenis katun mudah kusut. Gamis yang nyaman digunakan tentu menjadi poin penting, karena kamu akan menggunakan baju gamis tersebut dalam waktu lama.

Gamis dari katun membuat gamis tersebut lebih mudah menyerap keringat. Selain itu, bahan katun juga tidak tembus pandang.

2. Pilih Warna Sesuai Selera

Baju gamis memiliki banyak pilihan warna, mulai dari warna yang cerah, warna pastel, warna yang tenang seperti warna earth tone. Sebaiknya, cek pelengkap baju gamismu, seperti kerudung atau tas yang akan Beauty gunakan.

Pilihlah warna yang senada atau setidaknya mudah untuk di mix and match dengan baju gamismu. Warna netral seperti hitam dan putih, serta warna earth tone yang tenang merupakan pilihan warna yang mudah untuk dikombinasikan dengan pilihan warna yang lain.

Sehingga, sangat pas untuk kamu yang menggunakan hijab, karena kamu bisa berkreasi antara hijab dan juga jilbab anak-anaknya.

3. Sesuaikan Aksesoris

Aksesoris yang dimaksud ini beragam, mulai dari tas, sepatu, hingga jilbab. Beauty bisa menyesuaikan warna aksesoris tersebut dengan warna baju gamis yang akan dibeli. Atau bisa juga sebaliknya, kamu bisa menyesuaikan warna gamis dengan warna aksesoris yang sudah dimiliki.

Agar tidak kebingungan, pilih warna gamis yang netral seperti hitam dan putih, atau memilih warna champagne gold  atau coklat keemasan untuk menimbulkan kesan mewah. Walaupun warnanya cerah, namun mudah untuk dikombinasikan.

4. Beli Model Yang Disuka

Tren baju gamis pun cukup sering mengalami perubahan gaya, selayaknya tren fashion. Setiap tahunnya, ada saja tren model baju gamis terbaru, entah dari segi bentuk, corak, atau bahkan warna. Walaupun sedang tren, tidak ada salahnya kok Anda tidak mengikuti tren.

Sebagai gantinya, Beauty bisa membeli gamis dengan model yang memang disukai, begitu juga dengan pilihan warna gamis tersebut. Intinya, tidak mengikuti tren bukan berarti tidak dapat terlihat fashionable, ya.

5. Perhatikan Harga

Harga baju gamis di pasaran sangat beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Setiap model baju gamis memiliki kualitas dan juga model yang berbeda-beda. Memang, membeli produk mahal dapat memberikan kesenangan tersendiri.

Namun, sebaiknya jangan terlalu gabah untuk tidak mengeluarkan banyak uang untuk membeli satu helai baju gamis. Harga yang terlampau mahal atau tidak sesuai dengan range harga yang Beauty targetkan.

Saat ini, ada banyak lho produsen baju gamis yang memiliki produk berkualitas dengan desain yang cantik, serta dijual dengan harga yang bersahabat.

6. Pilih Ukuran yang Sesuai

Baju gamis memiliki desain yang besar, sehingga baju gamis tidak menunjukkan bentuk tubuh penggunanya. Walau begitu, Beauty tetap harus memilih ukuran yang pas, tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar.

Baju gamis dengan ukuran yang lebih kecil tentu tidak nyaman untuk digunakan, begitu juga dengan baju gamis yang kebesaran, kamu otomatis akan terlihat besar dan tidak nyaman saat digunakan.

Sebagai salah satu model pakaian yang populer di Indonesia, baju gamis memiliki banyak model . Berikut ini beberapa model baju gamis yang dapat Beauty pertimbangkan.

  • Gamis Kaftan. Sesuai namanya, gamis jenis kaftan ini merupakan baju terusan panjang ang longgar, sehingga cocok untuk dijadikan baju lebaran karena terlihat sopan dan juga anggun saat menggunakan baju ini.
  • Gamis Syar’i. Selain gamis kaftan, gamis syar’I juga cukup populer. Gais syar’I dibuat agar tidak menunjukkan lekuk tubuh, namun sekaligus terlihat stylish dan juga modern. Umumnya, saat Beauty membeli gamis syar’I, Beauty juga akan mendapatkan hijab dalam paket pembeliannya.
  • Gamis Slit. Gamis dengan model yang anggun ini dapat Beauty kombinasikan dengan legging atau rok panjang di bagian dalamnya. Dengan belahan di bagian samping, gamis ini cocok untuk kamu yang ingin tampil dewasa  serta cocok untuk kamu yang ingin tetap mudah dan nyaman bergerak saat menggunakan gamis.

Nah, itu dia penjelasan mengenai tips membeli baju gamis untuk lebaran. Nah, sekarang Beauty tidak perlu pusing untuk membeli baju gamis, karena ada banyak produk baju gamis di Shopee!

Selain itu, Beauty juga bisa memanfaatkan promo fashion di Shopee Live. Ada banyak live streaming sale dari brand fashion yang dapat membuat belanjaan Beauty jadi lebih mudah. Yuk, download aplikasi Shopee sekarang!

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan