Menu

Rumah Tanggamu Diterjang oleh Badai Keuangan? Jangan Panik, Begini Cara Melindunginya

20 Januari 2021 11:00 WIB

Ilustrasi Pasangan Suami-Isteri (Freepik/Wayhomestudio)

HerStory, Bogor —

Saat ini banyak orang-orang yang terdampak akibat kondisi pandemik Covid-19. Tak hanya segala aktivitas yang dialihkan menjadi online, tetapi cukup banyak juga mereka yang kehilangan sebagian pemasukannya bahkan mengalami pemutusan hubungan kerja. 

Kondisi tersebut tentu sangat membingungkan dan dapat menjadi pemicu keretakan rumah tangga. Bahkan, di daerah Jawa Barat angka perceraian di tengah kondisi saat ini terus mengalami peningkatan. Tak sedikit pula yang memutuskan berpisah dengan alasan faktor ekonomi. 

Untuk mencegah hal itu terjadi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi pernikahan di tengah badai keuangan. Kira-kira bagaimana ya caranya? Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini! 

Turunkan ekspektasi 

Moms, ketika kamu biasa menjalani hidup dengan enak dan kondisi pandemik ini memaksa kamu untuk merubah gaya hidup, maka mulailah dengan turunkan ekspektasi terlebih dahulu ya. Mulai dengan memenuhi kebutuhan priemer dan prioritaskan keharmonisan rumah tanggamu. Jika memang budget shopping skin care harus dikurangi, harus berhenti berlangganan spotify atau netflix, hal itu bukan masalah yang besar kok. Ingat, keutuhan rumah tangga kamu lebih penting. 

Ingat, kamu tak sendirian 

Siapa sih yang berharap penghasilannya berkurang atau dipecat dari pekerjaan? Tentu tak ada bukan? Jika kamu atau pasangan mengalami hal tersebut, percaya lah kamu tak sendirian, banyak di luar sana yang merasakan hal serupa denganmu. Hadapi dengan sabar dan berpikir dengan positif ya moms, semua ini pasti akan segera berakhir dan kehidupan akan menjadi lebih baik. 

Jangan saling menyalahkan 

Ketika sedang dihantam dengan masalah terutama masalah finansial, tak jarang kamu dan pasangan saling menyalahkan satu sama lain. Perlu diingat, hal itu tak dapat menyelesaikan masalah dan hanya akan memperburuk keadaan. Sebaiknya luangkan waktu bersama dan lakukan lah diskusi untuk mencari solusi agar permasalahan finansial ini dapat teratasi. 

Nah, itu dia 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk melindung biduk rumah tanggamu dari masalah keuangan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya moms! 

Artikel Pilihan