Menu

Amalkan Doa Mudik Lebaran 2023 Berikut! Perjalanan Lancar dan Aman, Kamu Selamat Sampai Tujuan

19 April 2023 12:20 WIB

Berdoa. (Pinterest/Nervana Gohar)

HerStory, Rembang —

Mudik atau pulang kampung merupakan tradisi yang dilakukan menjelang lebaran Idulfitri. Banyak umat muslim yang melakukan perjalanan kembali pulang ke kampung halaman.

Sebelum melakukan bahkan dalam perjalanan, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa. Hal ini bertujuan untuk meminta perlindungan serta kelancaran dari Allah.

Apalagi, kondisi jalanan adalah sesuatu yang sulit untuk diprediksikan. Ada banyak bahaya yang mungkin mengintaimu, lho.

Oleh karena itu, hendaklah kamu membaca doa perjalanan agar selamat. Sebelum membaca doa perjalanan, sebaiknya bertakbir terlebih dahulu sebanyak 3 kali, ya. 

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza wa maa kunna  lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamun-qolibuun. Allahumma innaa nas’aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Artinya: “Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini,

“Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga.”

Beauty, perlu diketahui bahwa doa perjalanan memiliki keistimewaan di mana termasuk salah satu doa yang mustajab. Hal ini dijelaskan dalam hadits riwayat Ahmad nomor 7510, yaitu:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ: دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

Artinya: Tiga waktu dikabulkan doa yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang terzalimi, doa seorang musafir (orang yang sedang safar), doa orang tua pada anaknya.

Artikel Pilihan