Menu

Kenapa Sih Ciuman Bisa Bikin Kita Lebih Bahagia? Hormon Ini Ternyata Punya Peran Penting

20 Januari 2021 19:00 WIB

Ilustrasi pasangan suami istri (freepik.com/Edited by Herstory)

HerStory, Purwokerto —

Sebagai seorang manusia, pastinya kita ingin bahagia kan Moms. Kita bisa mendapatkan kebahagiaan dari orang-orang terdekat. Mungkin hanya dengan bertemu atau melihat orang lain bahagia, kita juga ikut merasakannya. Apalagi kalau kita punya rumah tangga yang adem ayem dan enggak ada masalah. Tapi, kadang sebagai seorang istri, kita pasti juga ingin diperhatikan oleh suami. Moms pasti udah enggak asing dan canggung lagi untuk berciuman bersama pasangan. Saat berciuman, kita pasti merasakan kehangatan dan kebahagiaan. Tapi kenapa bisa seperti itu ya?

Ciuman ternyata bisa mengurangi produksi hormon kortisol yang bikin kita merasa stres. Saat berciuman, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuat perasaan lebih bahagia dan tubuh lebih rileks. Ciuman juga bisa membuat seseorang merasa lebih kuat dan mulai lupa tentang masalah yang sedang dihadapinya. Untuk memberikan support berupa ciuman, pastikan Moms juga melakukan dengan pelukan ya. Makanya enggak heran kalau saat berciuman Moms merasa bahagia banget.

Selain itu, berciuman ternyata bisa melepaskan hormon adrenalin yang bisa mengurangi rasa sakit. Ciuman juga cukup signifikan membakar kalori dan dapat meningkatkan metabolisme menjadi dua kali lipat. Otot-otot wajah yang bekerja saat berciuman bisa membuat wajah menjadi kencang dan mencegah tanda penuaan. Bahkan, ada penelitian yang menyatakan bahwa berciuman bisa membuat tubuh menjadi lebih fit dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Suasana hati yang bahagia akan menaikkan sistem imun kita juga.

Nah sekarang Moms udah tahu kan kalau ciuman ternyata bermanfaat banget buat kita. Karena itu, enggak ada salahnya Moms melakukannya setiap hari dengan pasangan. Moms bisa melakukannya di pagi hari agar lebih semangat menjalani hari. Atau mungkin bisa juga saat malam hari sebelum tidur agar lebih tenang. Ciuman juga bisa meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan lho Moms. Asalkan dilakukan dengan tepat dan sesuai kesepakatan, banyak manfaat ciuman yang bisa kita dapatkan.