Menu

Gak Perlu Panci Presto, Ini Tips Masak Rendang untuk Sajian Lebaran, Dijamin Empuk dan Lembut!

21 April 2023 10:45 WIB

Rendang Sapi (Shutterstock/Zulaika Sukma)

HerStory, Jakarta —

Beauty, gak terasa Hari Raya Idulfitri sudah di depan mata. Gak lengkap rasanya kalau Lebaran tanpa sajian daging sapi yang diolah menjadi rendang.

Olahan daging sapi yang kaya akan rempah ini cocok untuk dipadukan dengan ketupat sayur. Rasanya semakin nikmat jika dimakan bersama keluarga di hari Lebaran.

Namun, masih banyak yang bingung untuk memasak rendang supaya dagingnya empuk. Padahal, ada teknik tertentu yang bisa kamu coba, lho.

Berikut ini beberapa tips membuat daging jadi lebih empuk tanpa menggunakan panci presto. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Teknik 5-30-7

Gak perlu repot menggunakan panci presto, kamu bisa mengempukkan daging dengan teknikb 5-30-7. Caranya juga mudah, lho.

Rebus air hingga mendidih, lalu masukkah daging sapi dan masak selama 5 menit. Setelah itu, matikan kompor dan tutup rapat biarkan selama 30 menit. Setelah itu, nyalakan lagi kompornya dan masak dengan merebusnya selama 7 menit.

2. Teknik 17 menit

Selanjutnya, ada teknik 17 menit yang bisa kamu coba untuk membuat daging jadi lebih empuk. teknik ini merujuk pada durasi total merebus daging.

Caranya, rebus daging sapi yang telah diporong selama 7 menit dalam air mendidih. Lalu, tutup rapat panci dan biarkan selama 5 menit dalam kondisi api kompor mati. Setelah 5 menit, nyalakan kembali api kompor dan rebus lagi daging selama 5 menit. Terakhir, matikan kembali kompornya.

3. Gunakan buah nanas

Nanas bisa kamu manfaatkan untuk mengempukkan daging. Pasalnya, nanas mengandung bromelain, yaitu enzim potease yang sering digunakan untuk membuat daging empuk.

Caranya mudah, cukup parut nanas hingga halus, lalu lumurkan ke potongan daging dan diamkan beberapa saat sebelum dimasak.

4. Manfaatkan daun pepaya

Daun pepaya juga bisa kamu gunakan untuk mengempukkan daging. Getah daun pepaya mengandung papain yang membantuu daging cepat empuk saat direbus.

Caranya, bungkus potongan daging sapi dengan daun pepaya dan diamkan selama 1-2 jam. Jangan terlalu lama karena daging akan mudah hancur dan bisa memengaruhi rasa daging.

Nah, itulah beberapa cara mengempukkan daging tanpa panci presto. Semoga bermanfaat!