Menu

Gak Takut Meroket, Ini 5 Cara Jaga Kolesterol Tetap Aman saat Lebaran, Catat Ya!

21 April 2023 11:45 WIB

Ilustrasi berbuka puasa. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Pada saat Lebaran, hidangan makanan bersantan sudah menjadi ciri khas. Makanan yang bersantan dapat membuat kadar kolesterol naik dalam sekejap.

Selain itu, asupan karbohidrat yang berlebih juga bisa menjadi pemicu naiknya kadar kolesterol. Makanya, gak heran kalau banyak orang yang menderita kolesterol tinggi saat Lebaran.

Lantas, bagaimana cara menjaga kadar kolesterol tetap aman pada saat  Lebaran?

Berikut ini HerStory bagikan beberapa cara untuk mejaga kolesterol tetap aman setelah mengonsumsi hidangan Lebaran. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Jangan makan berlebihan

Saat Lebaran, konsumsi makanan yang mengandung kolesterol sesuai porsinya saja dan jangan berlebihan. Porsi makanan harus sesuai dengan kebutuhan kalori harianmu saja.

2. Konsumsi sayur dan buah

Mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah dapat membantu mengikat kolesterol di saluran pencernaan. Makanya, makanan bersantai harus diimbangi dengan asupan tinggi serat.

3. Batasi konsumsi telur

Penderita kolesterol harus memerhatikan konsumsi telur yang digunakan dalam beragam hidangan. Telur bisa menjadi penyebab utama kolesterol naik jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

4. Kurangi menghangatkan makanan bersantan

Jika makanan bersantan diolah dalam waktu lama dan dihangatkan, maka lemak yang ada di dalamnya berubah menjadi lemak jenuh.

Sebaiknya, kurangi menghangatkan makanan bersantan karena bisa menjadi salah satu menjaga kolesterol tetap aman saat Lebaran.

5. Minum air putih cukup

Minum air putih cukup bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kolesterol supaya tetap aman saat Lebaran. Hindari minuman berpemanis, ya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kolesterol tetap aman saat Lebaran. Semoga bermanfaat!