Menu

Gak 'Dosa' Kok, Diabetasi Ternyata Boleh Makan Camilan Manis Asal Penuhi Syarat ini, Apa Saja?

25 April 2023 20:00 WIB

Garlic Cheese Cookies (Cookpad/Baking with Otang)

HerStory, Jakarta —

Beauty, meski Lebaran telah usai, namun banyak jajaran jenis kue manis yang masih menghiasi meja di rumah, seperti nastar, putri salju, kastengel, hingga sagu keju. 

Namun, bagi penderita diabetes alias diabetesi, mengonsumsi berbagai jenis kue manis menjadi dilema tersendiri karena potensinya dapat meningkatkan kadar gula darah. 

Lantas bolehkan diabetasi menikmati camilan Lebaran? 

Saat memperingati Hari Diabetes Nasional, beberapa waktu lalu, Dr. dr. Jazil Karimi, Sp.PD, KEMD, FINASIM., selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital, mengatakan bahwa penderita diabetes tetap boleh makan apa saja, hanya saja perlu direncanakan dan dibatasi.

“Penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi makanan manis serta makanan berkarbohidrat seperti nasi, hanya saja jumlah dan takarannya perlu diperhatikan,” tutur dr. Jazil,

Adapun, jumlah karbohidrat dan gula yang dapat dimakan oleh penderita diabetes bergantung pada beberapa faktor, termasuk tingkat aktivitas fisik dan pola makan mereka dalam sehari-hari. 

Dan berikut adalah tips agar diabetesi tetap bisa menikmati kemanisan kue Lebaran menurut dr. Jazil Karimi. Yuk, simak Beauty!

1. Menyeimbangi dengan Makanan Sehat 

Meski momen Lebaran penuh dengan makanan lezat, masakan tersebut memiliki nilai nutrisi yang tak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. 

Makanlah berbagai makanan, termasuk sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak, untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup selama lebaran, sehingga kesehatan bisa tetap terjaga. 

2. Kurangi Asupan Makanan Olahan 

Biasanya tersedia cemilan seperti biskuit dan kue kering kemasan pada saat Lebaran. Makanan olahan memiliki kandungan gula tambahan yang cukup banyak dan memiliki zat nutrisi yang sangat minim. 

Sehingga tak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Kamu bisa menambahkan asupan makanan yang diolah secara alami untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. 

3. Batasi Minuman Manis

Sebaiknya, batasi konsumsi minuman manis selama perayaan lebaran karena bisa berpotensi melonjakkan kadar gula darah. 

Sebagai gantinya, coba ganti dengan minuman dengan kandungan gula yang lebih rendah atau bahkan air putih sekalipun agar tak meningkatkan kadar gula.

Nah Beauty, itulah beberapa tips yang bisa dicoba penderita diabetes agar tetap bisa menikmati kenikmatan cemilan manis khas Lebaran.

Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki kondisi diabetes yang berbeda-beda. Sehingga untuk lebih aman sebaiknya konsultasikan diri sebelum untuk mengetahui kondisi diabetes yang kamu miliki.

Artikel Pilihan