Menu

Berkaca dari Kasus Virgoun-Inara Rusli, Begini Cara Menyikapi Pasangan Selingkuh Menurut Buya Yahya,

26 April 2023 12:35 WIB

Kolase foto Tenten Anisa, Virgoun dan Inara Rusli. (Instagram)

HerStory, Jakarta —

Beauty, baru-baru ini, jagat maya dihebohkan dengan kasus perselingkuhan musisi Tanah Air, Virgoun. Sang istri, Inara Rusli secara terang-terangan membeberkan bukti aktivitas Virgoun yang sudah berselingkuh dan berzina dengan wanita lain. 

Perselingkuhan tentu bukan hal yang terpuji bagi agama. Islam memandang istimewa setiap pasangan yang sudah menghalalkan hubungannya dalam bahtera pernikahan. 

Kendati demikian, fenomena perselingkuhan masih sering terjadi. Godaan setan berhasil menghasut manusia menjalankan sesuatu yang dilarang agama. 

Lantas bagaimana menyikapi pasangan selingkuh menurut agama? 

Menurut nasihat yang disampaikan Pendakwah, Buya Yahya, seorang suami maupun istri yang diselingkuhi harus segera menceraikan. 

"Segeralah ceraikan dan imbau mereka (pasangan yang berselingkuh) untuk segera menikah agar tidak terus dalam perzinaan," ujar Buya Yahya, dalam video singkat yang diunggah akun YouTube, Al-Bahjah TV, diikutip HerStory, Rabu (26/4/2023). 

Buya Yahya menegaskan, jika pasangan yang selingkuh tak segera diceraikan maka sama artinya membiarkan mereka ada dalam lingkaran perzinahan. 

"Dia sudah berkhianat kepada Allah SWT dan kepada pasangannya. Maka tolong dia (pasangan yang berselingkuh) untuk segera cerai dan akad baru agar tidak ada perzinahan setelah itu. Jangan berharap lagi kepada dia (pasangan yang berselingkuh)," tegas Buya. 

Kendati demikian, Buya mengimbau para orangtua yang bercerai karena kasus perselingkuhan, tidak menceritakan keburukan sang mantan kepada anak. Menurutnya, tak boleh membuat seorang anak durhaka kepada orangtua. 

"Anda akan rugi jika mempunyai anak durhaka kepada ibunya (jika seorang ibu yang berselingkuh). Jika ingin dijauhkan sementara tidak masalah, tapi setelah itu dekatkan kembali kepada ibunya," tutur Buya Yahya. 

Buya Yahya menuturkan, luasnya bumi Allah SWT memungkinkan siapapun mendapatkan pasangan lebih baik. 

“Ikhlas dan mendoakan orang yang berkhianat adalah jalan terbaik. Fokus mencari pasangan yang saleh dengan kesadaran. Fokus didik anak-anak dan doakan mantan yang berkhianat. Tak perlu menceritakan kepada orang lain, cukup diri Anda sendiri dan Allah SWT yang mengetahuinya," tutup Buya Yahya.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani

Artikel Pilihan