Menu

Muncul Bercak-bercak di Tubuh? Bisa Jadi Itu Hiperpigmentasi dan Ini yang Harus Kamu Lakukan

21 Januari 2021 12:35 WIB

meditasi (Unsplash/madison lavern)

HerStory, Bandung —

Dimulai dengan tanda kecil yang kamu abaikan hingga berkembang menjadi berbagai tanda di tubuh yang nggak bisa kamu abaikan, bisa jadi itu tanda-tanda hiperpigmentasi.

Melansir Boldsky (21/01/2021), hiperpigmentasi adalah masalah kulit yang umum dihadapi banyak dari kita. Biasanya dianggap sebagai masalah yang terbatas pada wajah, tapi itu bisa meluas ke tubuh yang lain juga.

Bintik pigmentasi pada tubuh merupakan masalah kulit yang umum. Masalah ini melibatkan bintik-bintik gelap tertentu dengan berbagai ukuran di mana saja di tubuh.

Terkadang bintik-bintik pigmentasi ini memudar dengan sendirinya, tetapi ada juga yang nggak hilang. Bahkan jika mereka memudar, itu proses lambat yang mungkin bikin kamu nggak sabar.

Jadi, kalau kamu melihat beberapa bintik pigmentasi di tubuh, dari pada menyembunyikannya, gunakan tips ini untuk mengatasi masalah dan mencegah bintik-bintik lebih lanjut.

Lindungi kulit dari matahari

Matahari adalah penyebab nomor satu bintik pigmentasi. Sinar matahari yang keras dapat merusak kulitmu, bisa menyebabkan hiperpigmentasi. Paparan sinar matahari memicu produksi melanin di dalam tubuh yang dapat menyebabkan bintik hitam pada kulit.

Gunakan tabir surya sebelum berangkat keluar. Jangan hanya mengaplikasikannya di wajah saja, ya beauty! Oleskan tabir surya di tangan, kaki, dan area lain yang terpapar sinar matahari.

Hindari hal-hal yang bisa menyebabkan iritasi

Jika kamu punya kulit sensitif yang mudah teriritasi, iritasi dan peradangan dapat meninggalkan bintik hitam. Bahkan menggaruk kulit bisa menjadi penyebab timbulnya bintik-bintik di kulit.

Selain melindungi kulit dari  sinar matahari, pastikan juga kulit diberi nutrisi. Gunakan produk yang ditujukan untuk jenis kulitmu, ikuti aturan perawatan kulit, jauhkan dari penyebab iritasi yang diketahui dan hilangkan dorongan gatal pada kulit.

Pastikan perawatan kulit sesuai umur

Pernah mendengar tentang bintik-bintik penuaan? Bintik pigmentasi di tubuh mungkin saja salah satu dari tanda penuaan. Seiring bertambahnya usia, produksi melanin pada kulit terpengaruh. Hal ini dapat menyebabkan bintik-bintik tertentu pada kulit menjadi gelap.

Untuk mencegah penuaan kulit dan hiperpigmentasi, ubah perawatan kulitmu sesuai usia. Sertakan serum dan produk anti-penuaan serta kebiasaan dalam rutinitasmu.

Nah itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengurangi hiperpigmentasi kulit. Semoga bermanfaat, ya Beauty!