Menu

5 Rekomendasi Masker Alami untuk Cerahkan Kulit Wajah, Cara Buatnya Gampang, Intip Yuk!

27 April 2023 08:20 WIB

ilustrasi wanita menggunakan masker wajah (freepik/racool_studio)

HerStory, Jakarta —

Beauty, memiliki wajah yang sehat dan cerah tentu menjadi dambaan banyak orang, khususnya para wanita. Kamu juga ingin memiliki kulit sehat kan, Beauty?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat kulit lebih sehat dan cerah, salah satunya dengan menggunakan masker wajah.

Gak perlu takut uang habis, kamu bisa manfaatkan bahan-bahan alami untuk membuat masker wajah yang bisa membuat kulit sehat dan cerah.

Berikut ini HerStory rekomendasikan beberapa masker alami yang bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit dan membuat kulit lebih sehat. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Timun

Timun memiliki sifat antioksidan yang dapat menjaga sel-sel tubuh dengan baik. Kandungan vitamin K, C, dan serat dapat membantu mencerahkan kulit sekaligus mengurangi kerutan.

Cara buatnya cukup mudah, kamu bisa oleskan parutan timun pada permukaan wajah secara merata atau menempatkan beberapa irisan timun ke wajah. Setelah itu, diamkan beberapa saat dan bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

2. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloesin yang bisa menghambat pembentukan melainan dalam kulit. Lidah buaya juga sudah lama dipercaya dapat mencerahkan kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, oleskan gel secukupnya pada wajah, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Madu

Madu memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya untuk kecantikan. Madu disebut dapat menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kusam.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, gunakan madu jenis manuka atau madu mental yang gak dipasteurisasi. Kemudian, campurkan madu dengan beberapa tetes air hangat supaya gak lengket.

Setelah itu, oleskan masker wajah alami pada permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan beberapa menit, lalu bilas sampai bersih.

4. Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang dapat memutihkan kulit secara alami. Ketika dioleskan, vitamin C dapat mempercepat produksi kolagen yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan kencang.

Untuk membuat masker tomat, campurkan setengah buah tomat matang dengan satu sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian, cuci wajah dengan air bersih.

5. Bengkuang

Kandungan antioksidan, vitamin E, selenium, dan beta karoten yang cukup tinggi pada bengkuang dapat membantu menyehatkan kulit.

Caranya, kupas dan cuci bengkuang hingga bersih. Parut habis bengkoang dan peras airnya, pisahkan di wadah yang berbeda. Oleskan menggunakan kuas ke area wajah secara merata.

Diamkan masker bengkuang selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Gunakan ampas bengkuang sebagai scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati supaya wajah cerah dan bersinar.

Nah, itulah beberapa masker alami yang bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah. Semoga bermanfaat!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan