Menu

Harus Dihindari, Ini 5 Makanan Bisa Bikin Asam Lambung Naik, Nomor 3 Paling Susah Dipantang!

27 April 2023 17:05 WIB

Ilustrasi sakit Maag atau asam lambung (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, wajib hukumnya bagi penderita asam lambung dan GERD menjaga pola makannya. Sebab, jika salah makan maka berpotensi menimbulkan sakit perut akibat asam lambung naik. 

Ada sejumlah makanan yang tentunya harus dipantang agar tubuh tetap sehat. Berikut ini daftar makanan pemicu asam lambung naik yang wajib dihindari penderita GERD, sebagaimana sudah HerStory kutip dari Gastroconsa, Kamis (28/4/2023). 

1. Makanan berlemak

Selain memicu berat badan naik, makanan berlemak juga menjadi salah satu penyebab asam lambung. Makanan dengan lemak tinggi lebih lambat dicerna sehingga respons tubuh membuat lebih banyak asam. 

Makanan berlemak umumnya berasal dari gorengan, seperti bakwan, ayam goreng, bebek goreng, dan sebagainya.

Sejatinya, gak masalah untuk mengonsumsi makanan tersebut, tapi harus dalam porsi wajar dan tak terlalu sering sehingga tubuh lebih mudah mencernanya. 

2. Makanan Pedas

Makanan pedas adalah pemicu utama refluks asam menjadi lebih buruk. Rasa pedas berasal dari zat capsaicin dalam cabai.

Nah, zat tersebutlah yang dapat memperparah iritasi lambung. Capsaicin dalam banyak makanan pedas dapat memperlambat pencernaan sehingga memicu asam lambung naik. 

3. Cokelat

Cokelat diketahui menjadi favorit hampir sebagian besar orang karena rasanya yang memanjakan lidah dan memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Namun di sisi lain, cokelat bisa jadi pemicu asam lambung naik jika dikonsumsi berlebih. 

Cokelat dapat meleaskan otot katup kerongkongan yang memicu isi lambung kembali naik. Kudapan ini juga bisa meniningkatkan asam lambung yang menghasilkan sensasi panas dan perih pada perut bagian atas. 

4. Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih ternyata dapat melemahkan otot kerongkongan bagian bawah. Akibatnya, asam lambung mudah naik dan memicu gejala GERD. 

Bawang juga memiliki rasa pedas yang berpotensi meningkatkan produksi asam lambung. Tapi kamu gak perlu khawatir Beauty, yang memicu asam lambung ialah bawang mentah. 

5. Makanan Asin

Bukan hanya pedas, makanan asin berlebihan juga bisa memicu asam lambung naik. Sejumlah penelitian menunjukkan kandungan natrium tinggi dapat membuat refluks lambung. 

Nah, semoga informasinya bermanfaat ya, Beauty!