Menu

Catat! Ini 4 Penyebab Kenapa Rumah Tangga Jadi Boring

22 Januari 2021 09:30 WIB

Pertengkaran suami istri. (Pinterest/Edited By HerStory)

HerStory, Bandung —

Dalam kehidupan rumah tangga, pasti ada saja tantangan yang menghadang. Apalagi jika usia pernikahan sudah lumayan lama. Hal yang paling mungkin muncul adalah rasa bosan yang pastinya menganggu kehidupanmu.

Ketika diterpa rasa bosan, tentunya kamu harus tahu apa penyebabnya. Tidak mungkin, kan kamu merasa bosan begitu saja? Pasti ada sesuatu yang memengaruhinya.

Dilansir dari berbagai sumber (22/01/2021), bisa jadi penyebab rasa bosanmu itu karena merasa hidupmu monoton, terlalu sibuk dengan kegiatan masing-masing, atau memang sudah tidak ada waktu lagi untuk berdua hingga komunikasi jadi terbatas.

Kehadiran anak juga bisa jadi salah satu penyebab. Bisa saja Momsjadi lebih sibuk mengurus si kecil dan sedikit melupakan kewajiban lain sebagai seorang istri.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja yang membuatmu merasa bosan dalam sebuah hubungan, berikut adalah empat penyebabnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Usia menikah

Saat menikah di usia yang terlalu muda, tidak menutup kemungkinan bahwa saat itu orang tersebut belum memiliki kedewasaan untuk berpikir. 

Pola pikir ini akan memberi pengaruh besar pada cara penyelesaian masalah yang akan dihadapi kedepannya. 

Terlalu tergantung

Meski sudah terikat satu sama lain, bukan berarti kamu harus mengantungkan seluruh hidupmu pada pasangan. Mungkin di awal-awal pernikahan tidak akan menjadi suatu masalah. Namun jika terus bergantung selama bertahun-tahun, pasti akan datang titik bosan di mana pasangan sudah malas kamu tempeli.

Hubungan intim

Faktor hubungan intim juga punya peran penting dalam menjaga hubungan rumah tangga. Mungkin akrena kamu dan pasangan sibuk satu sama lain, kamu sudah tidak mempunyai waktu untuk berdua.

Rasa lelah karena bekerja juga akan memengaruhi kualitas hubungan intim. Tak ada salahnya kamu meluangkan waktu khusus untuk pasangan sambil membicarakan hal-hal yang baik untuk kedepannya.

Peran tunggal

Misalnya saat urusan rumah tangga semua diserahkan kepada istri, sementara perihal keuangan diserahkan kepada suami, bisa saja salah satu pihak merasa tak adil.

Berbagi tugas tak hanya bisa mengurangi beban salah satu pihak saja. Kekompakan dan kebersamaan pun akan lebih terpelihara.