Menu

Jangan Dibuang, Ternyata Kulit Singkong Punya Segudang Manfaat untuk Kecantikan, Gimana Caranya Ya?

03 Mei 2023 10:05 WIB

Ilustrasi singkong (Freepik)

HerStory, Depok —

Beauty, seperti yang kita tahu, singkong merupakan umbi-umbian yang mengandung karbohidrat dan bermacam nutrisi penting lainnya. Apakah kamu suka mengonsumsi singkong?

Berdasarkan kandungan nutrisinya, daging singkong yang biasa dikonsumsi bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun, gak hanya dagingnya saja, kulit singkong juga punya manfaat untuk tubuh, lho.

Kulit singkong dapat dapat berfungsi sebagai bahan alternatif yang ramah lingkungan, sehingga bisa diolah menjadi bahan untuk perawatan wajah.

Penasaran apa saja manfaat kulit singkong untuk kecantikan? Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Memperlambat penuaan kulit

Kulit singkong bisa memperlambat penuaan kulit karena mengandung vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membalikkan kerusakan osidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C juga bisa menjadi pelembap kulit yang efektif. Sebuah studi menemukan bahwa formula yang mengandung vitamin C bisa meningkatkan kelembapan dan kehalusan kulit.

2. Mengangkat sel kulit mati

Kulit singkong bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Manfaat yang satu ini bisa diperoleh dengan menggunakan kulit singkong sebagai bahan utama scrub wajah.

Caranya, cuci bersih kulit singkong, lalu tumbuk sampai menyisakan sedikit tekstur kasar. Kamu bisa gunakan sebagai scrub dengan menggosokkannya secara lebuh ke wajah selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin.

3. Menyamarkan flek hitam

Selanjutnya, kulit singkong juga dapat menyamarkan flek hitam di wajah. Jadi, kamu bisa memanfaatkan kulit singkong untuk menyamarkan flek hitam.

Selain membuat wajah bersih, halus, dan cerah, adonan parutan kulit singkong juga bisa membantu menyembuhkan bagian kulit yang menghitam karena bekas luka.

4. Bisa digunakan sebagai masker wajah

Masker wajah yang terbuat dari kulit singkong dengan cara diparut sampai benar-benar halus tanpa dicampur dengan air.

Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit yang kemudian dibilas. Untuk hasil maksimal, campurkan dengan minyak zaitun dan madu.

5. Mengurangi rambut rontok

Selain untuk kulit dan kecantikan, singkong juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Sudah tahu belum, Beauty?

Pemakaian masker rambur dari singkong ternyata mampu mengatasi masalah rambut rontok dan memperkuat akar rambut.

Nah, itulah beberapa manfaat kulit singkong yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan