Menu

Iis Dahlia Bela Suami yang Digunjing Kecup Bibir Salshadilla, Ternyata Ini Lho Hukum Ayah Tiri Cium Anak Perempuan dalam Islam! Mahramnya?

04 Mei 2023 17:30 WIB

Momen Satrio Dewandono cium bibir Salshadilla Juwita saat sungkeman Lebaran (Instagram/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Imbas Satrio Dewandono mencium bibir Salshadilla Juwita di momen Lebaran, suami Iis Dahlia itu tak henti-hentinya digunjing. Bahkan, hal tersebut kembali ramai disorot setelah Isda sapaanya itu membuat pembelaan untuk sang suami.

Isda mengatakan, netter yang beranggapan demikian memiliki pikiran yang kotor. Padahal, Satrio Dewandono begitu dekat dengan Salsha yang juga sudah dianggapanya seperti anak kandungnya sendiri.

Kendati Salshadilla bukanlah putri kandung Satrio, diakui Isda bila keduanya saling menyanyangi laiknya seorang anak dan ayah. Bahkan, Salshadilla lebih dekat dengan Satrio ketimbang ayah kandungnya sendiri.

"Kalian itu jangan pernah ngomong kandung nggak kandung ya. Bapak kandung banyak yang memperkosa juga anak kandung, banyak. Tapi insyaallah suami aku dan Salsa itu mereka relationshipnya tulus, melebihi mungkin kalau aku lihat ya," ujar Iis Dahlia saat hadir dalam program Rumpi Trans TV.

"Karena aku jadi saksi lah bagaimana saling cintanya, saling kasih, saling menyayangi, saling memperhatikan antara ayah dan anak. Sama aja nggak ada yang namanya nggak sedarah," sambungnya.

Diakui Isda, ayah kandung Salshadilla lah yang meminta agar Satrio Dewandono menyayangi putrinnya lebih dari anak kandung sendiri.

"Kalau sejarahnya ya, waktu itu kita baru nikah, papanya itu memang memesankan bahwa 'Tri kalau lu mau nikah sama Iis, lu harus sayang sama Salsa. Dan lu sayang sama Salsa harus lebih dari anak kandung mu'. Karena kalau anak kandung, itu namanya juga anak kandung, sedarah, lu marah orang juga maklum. Tapi kalau lu marah sama Salsa orang akan bilang 'Oh ayah tiri sih', gitu lho," imbuhnya.

Meski sudah dijelaskan panjang lebar, netter masih tak terima dan beranggapan bila yang dilakukan Satrio kepada Salsha tak pantas dan haram.

Memangnya apa hukumnya ayah tiri cium anak perempuan sambungnya dalam Islam? Termasuk mahram kah mereka?

Mengutip dari NU Online via laman metro.suara.com dalam kitab Hâsyiyatân karangan Imam Syihabudin al-Qulyubi dan Umairah menyebutkan, anak tiri perempuan dapat membatalkan wudhu apabila ibu anak tiri tersebut belum sampai disetubuhi oleh ayahnya yang baru. 

Apabila sudah dijima' oleh ayahnya yang baru, maka bersentuhan antara ayah dan anak tiri perempuan sudah tidak membatalkan wudhu.

Hubungan mereka sudah menjadi mahram selamanya (alâ at-ta'bid). 

Jadi selain sudah tidak membatalkan wudhu, ayah tersebut tidak boleh menikahi anak tirinya walaupun ibunya sudah diceraikan atau wafat di kemudian hari.

Gimana, sudah paham Beauty?