Menu

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Perbedaan Sunblock dan Sunscreen, Simak Penjelasannya Beauty!

05 Mei 2023 18:30 WIB

Ilustrasi penggunaan suncreen atau sunblock. (Pinterest/zula.sg)

HerStory, Jakarta —

Beauty, melindungi kulit dari paparan sinar matahari apalagi di cuaca panas yang tak biasa ini sangatlah penting.

Tahukah Beauty, sinar UV dari matahari saat cuaca panas bisa menyebabkan kulit terbakar, munculnya penuaan dini, hingga memicu terjadinya kanker kulit.

Biasanya, untuk mencegah dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari, terlebih di cuaca panas ini tentu dengan mengoleskan sunblock maupun sunscreen.

Banyak yang keliru, menganggap sunblock sama dengan sunscreen. Meski keduanya sama-sama melindungi dari sinar matahari, tapi sunblock dan sunscreen tetap berbeda.

Penasaran kandungan apa yang berdeda antara sunblock dan susnscreen? Dilansir dari Verywell Health, ini dia perbedaan sunblock dan sunscreen.

Sunblock

Sunblock berperan untuk menghalangi sinar matahari agar gak menembus kulit dengan cara memantulkannya. Biasanya sunblock juga disebut sebagai physical sunscreen.

Di mana kebanyakan sunblock itu mengandung titaniumdioksida atau seng oksida sebagai bahan aktif. Kandungan tersebutlah yang membuat sunblock memiliki formula lebih kental.

Di samping itu, mungkin sebagian orang merasa sulit meratakan sunblock yang telah dioleskan ke kulit. Bahkan sunblock juga menyisakan white cast yang mungkin tidak disukai oleh sebagian orang.

Sunscreen

Berbeda dari sunblock, sunscreen bekerja untuk menyaring sinar UV matahari. Maksudnya dengan menggunakan sunscreen berarti ada sinar matahari yang masuk ke kulit.

Di mana sunscreen menggunakan berbagai bahan kimia yang bekerja untuk menyerap sinar UV berbahaya sebelum menembus kulit.

Sunscreen mengandung bahan aktif salah satunya oxybenzone atau avobenzon. Di samping itu, pemilik kulit sensitif lebih disarankan menggunakan sunblock daripada sunscreen.

Lantas bagaimana cara memilih sun protection?

Sublock dan sunscreen merupakan bentuk perlindungan kulit yang sangat baik terhadap matahari.

American Academy of Dermatology (AAD) tak menyarankan penggunaan salah satunya, bisa sunscreen maupun sunblock dengan ciri:

  • Cakupan spektrum luas (melindungi terhadap sinar UVA dan UVB)
  • SPF 30 atau lebih tinggi
  • Tahan air.

Spektrum yang luas pada sunblock dan sunscreen berperan mencegah penuaan dini akibat sengatan matahari.

Itu dia penjelasan mengenai perbedaan sunblock dan sunscreen. Jadi jangan salah lagi ya!

Artikel Pilihan