Menu

Pakai Sunscreen Spray Sebenarnya Efektif Gak Sih? Begini Penjelasan Dokter Ahli...

07 Mei 2023 11:45 WIB

Ilustrasi wanita menggunakan sunscreen spray. (Healthywomen.org/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, seperti yang kita tahu, tabir surya atau sunscreen menjadi salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan setiap hari.

Pasalnya, penggunaan sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar matahari, mencegah kulit terbakar, membuat warna kulit merata, hingga mencegah kanker kulit.

Nah, saat ini, sunscreen gak hanya ada dalam bentuk cream saja, tapi ada juga yang berbentuk spray. Jadi, kamu bisa langsung semprotkan saja ke wajah.

Tapi, sebenarnya sunscreen spray itu efektif gak sih untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari?

Mengenai hal tersebut, seorang Beauty Expert, dr. Claudia Christin menjelaskan bahwa penggunaan sunscreen spray itu kurang efektif.

"Sunscreen spray sebenernya ya pasti ada efeknya, tapi gak efektif karena kan dia butiran-butirannya kecil-kecil banget," kata dr. Claudia ditemui HerStory di kawasan Kelap Gading, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, dr. Claudia juga mengatakan, jika sunscreen spray digunakan di area luar dan banyak angin, maka butiran sunscreen yang sampai ke kulit gak banyak dan perlindungannya gak merata.

"Dan kalo dipakai di area luar, ada angin, ya kan akan ketiup ya, yang nyampe ke kulit kita itu ya cuma berapa persen dari yang kita semprot sebenernya dan perlindungannya itu gak merata," ungkapnya

Untuk itu, dr. Claudia menyarankan untuk tetap memakai sunscreen berbentuk cream di pagi hari. Lalu, bisa re-apply sunscreen menggunakan bentuk spray.

"Jadi, supaya perlindungannya merata, kita tetap saranin pakai yg cream dulu di pagi hari. Untuk re-apply bisa pakai sunscreen spray, daripada gak sama sekali," pungkasnya.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan