Menu

Apa Sih Penyebab Anak Alami Speech Delay? Ternyata Ini 3 Faktor Utamanya, Yuk Moms Mulai Pencegahan Sebelum Terlambat!

09 Mei 2023 11:20 WIB

Ilustrasi anak mengalami speech delay (Getty Images/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, bicara merupakan suatu aktivitas yang dihasilkan dengan melibatkan 3 organ, yaitu otak, telinga, dan mulut. Di mana otak berfungsi untuk memproses reseptif dan ekspresif anak ketika berbicara, sedangkan telinga dan mulut berfungsi untuk mendengarkan dan memproduksi suara saat berbicara.

Anak yang mengalami speech delay bisa diakibatkan karena salah satu organ tersebut mengalami gangguan. Sehingga menyebabkan proses berbicara anak terganggu.

Menurut dr. Lies Dewi N, Sp.A(K) Neuropediatri Konsultan Tumbuh Kembang Anak Eka Hospital Cibubur, ini dia 3 faktor penyebab anak alami speech delay:

Gangguan pada otak

Pada organ otak, beberapa gangguan saraf maupun psikologis seperti maturational delay speech, gangguan bicara spesifik, autisme, hingga disabilitas intelektual bisa menjadi penyebab dari speech delay pada anak.

Gangguan pada telinga

Telinga bisa menjadi penyebab speech delay jika anak terlahir atau mengalami masalah pada indra pendengarannya sehingga anak mengalami kesulitan saat mendengar suara.

Gangguan pada mulut

Gangguan pada mulut bisa membuat anak mengalami kesulitan untuk memproduksi suara atau gangguan artikulasi.

Lalu, apa ciri-ciri speech delay pada anak?

Ada beberapa ciri-ciri yang mengindikasikan bahwa anak mengalami speech delay, biasanya gejala ini akan muncul ketika anak mulai menginjak usia 12 bulan. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Di usia 12 bulan, anak belum bisa mengoceh (babbling) dan belum menggunakan anggota tubuhnya untuk berkomunikasi seperti menunjuk dengan jari
  • Di usia 16 bulan, anak belum bisa mengungkapkan sebuah kata dengan benar dan hanya terus mengoceh kata tak berarti
  • 24 bulan, anak belum bisa mengatakan kalimat yang terdiri dari 2 kata dan jumlah kosa kata yang ia kuasai kurang dari 15 kata
  • Kehilangan kemampuan untuk berbicara atau bersosialisasi di usia berapa pun.

Ciri-ciri tersebut disebut juga red flags perkembangan bicara anak dan bisa menandakan anak telah mengalami speech delay. Namun untuk mengetahui secara pasti penyebabnya apa, Moms tetap membutuhkan diagnosa dari dokter, yah!